Cara Membuat E-KTP Digital dengan QR Code

Kompas.com - 15/01/2022, 16:00 WIB
Tampilan QR Code e-KTP pada aplikasi identitas digital. Tangkapan layar video Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrullah.Tampilan QR Code e-KTP pada aplikasi identitas digital.

KOMPAS.com - KTP elektronik (e-KTP) digital yang memiliki QR Code kini sedang dalam tahap uji coba. Jika berhasil, nantinya masyarakat akan memiliki e-KTP digital di ponselnya masing-masing.

Uji coba e-KTP digital itu dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sejauh ini, proses digitalisasi e-KTP sudah dimulai di 58 kabupaten dan kota di Indonesia.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (9/1/2022), berikut ini syarat dan cara membuat e-KTP digital:

Syarat membuat e-KTP digital

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah mengatakan, warga yang hendak membuat e-KTP digital perlu memiliki ponsel pintar dan koneksi internet.

Akan tetapi, Kemendagri tetap akan menerbitkan e-KTP dalam bentuk fisik atau cetak bagi warga yang tidak memiliki smartphone.

Baca juga: 6 Tips Membuat Kasur Tetap Awet dan Nyaman Digunakan Saat Tidur

Zudan menjelaskan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) akan menerapkan prinsip pelayanan dua jalur.

"Dukcapil tetap menerapkan prinsip double track system services, pemberian layanan dengan dua jalur. Layanan digital dan layanan secara fisik manual," ujar Zudan.

Zudan menambahkan, uji coba pengadaan e-KTP digital ini telah dilakukan sejak 2021. Nantinya, KTP elektronik digital akan diterapkan secara bertahap.

"Penerapan identitas digital dilakukan secara bertahap," ujar Zudan.

Cara membuat e-KTP digital

Saat proses uji coba berhasil, e-KTP digital akan melekat di smartphone yang dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca juga: Cara Membuat Kartu Ucapan Tahun Baru Lewat Canva

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.