Benarkah Super Immunity Sudah Terbentuk di Indonesia? Ini Penjelasan Kemenkes

Kompas.com - 09/01/2022, 18:22 WIB
Ilustrasi pandemi Covid-19. SHUTTERSTOCKIlustrasi pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - 86,6 persen populasi Indonesia disebut telah memiliki titer antibodi SARS-CoV-2 penyebab Covid-19, sehingga super immunity diduga telah terbentuk di Tanah Air.

Dugaan tersebut didapatkan dari hasil survei serologi di 100 kabupaten atau kota, baik yang termasuk wilayah aglomerasi maupun non aglomerasi, sepanjang bulan November sampai Desember 2021.

Berdasarkan data survei tersebut, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 juga menemukan, sekira 73,2 persen populasi di daerah survei telah memiliki antibodi meski belum pernah terdeteksi positif terinfeksi virus Corona dan belum menerima vaksin Covid-19.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (7/1/2022), Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, juga membenarkan adanya dugaan tersebut.

"Iya dugaannya dapat itu (super immunity)," kata Nadia.

Baca juga: Mulai 12 Januari 2022, Vaksin Booster Covid-19 Gratis atau Bayar?

Nadia menjelaskan, survei serologi sebenarnya dilakukan untuk mengukur efektivitas vaksin bagi masyarakat dan tingkat perlindungan di masyarakat.

"Tapi ini lebih melihat efektivitas vaksin," ujarnya.

Akan tetapi, melihat hasil titer antibodi milik responden survei yang cukup signifikan membuat pemerintah meyakini bahwa daya perlindungan masyarakat sudah cukup baik saat ini.

"Jadi proteksi masyarakat itu sudah tinggi levelnya," ucap Nadia

Meski begitu, Nadia mengingatkan, masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan (prokes) 5M secara ketat.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.