3 Provinsi yang Masyarakatnya Paling Bahagia di Indonesia

Kompas.com - 09/01/2022, 11:25 WIB
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik atau BPS merilis hasil survei Indeks Kebahagiaan masyarakat Indonesia pada tahun 2021.

Hasilnya, Indeks Kebahagiaan Indonesia mengalami peningkatan sebesar 0,80 persen dibanding pada tahun 2017.

Menurut data BPS yang dilansir dari laman BPS.go.id, peningkatan Indeks Kebahagiaan juga terjadi pada sebagian besar provinsi di Indonesia.

Disebutkan, tiga provinsi memberi sumbangan peningkatan indeks kebahagiaan terbesar di banding provinsi lain. Yakni Jambi dengan 4,72 poin, Sulawesi Barat 3,44 poin dan Kalimantan Utara 3,00 poin.

Menurut BPS, Indeks Kebahagiaan disusun dari 19 indikator pendukung yang diklasifikasikan dalam 3 dimensi, yakni dimensi kepuasan hidup, dimensi perasaan dan dimensi makna hidup.

Baca juga: Indeks Kebahagiaan Jateng Meningkat, Ganjar: Semua Tak Lepas dari Peran Masyarakat

Dimensi kepuasan hidup terdiri dari dua subdimensi, yaitu kepuasan hidup personal dan sosial.

Kepuasan hidup personal terdiri dari 5 indikator kepuasan, antara lain pendidikan dan keterampilan, pekerjaan/usaha/kegiatan utama, pendapatan rumah tangga, kesehatan dan kondisi rumah serta fasilitas rumah.

Sementara subdimensi kepuasan hidup sosial terdiri dari 5 indikator, antara lain keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, keadaan lingkungan, dan kondisi keamanan.

Sementara dimensi perasaan atau afeksi terdiri dari sejumlah indikator, yakni perasaan senang/riang/gembira, perasaan tidak khawatir/cemas dan perasaan tidak tertekan.

Sedangkan dimensi makna hidup memiliki indikator penerimaan diri dan pengembangan diri.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BPS
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.