99 Persen Kasus Omicron Bergejala Ringan dan OTG, Ini Cara Mencegahnya

Kompas.com - 09/01/2022, 10:32 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak 99 persen pasien Covid-19 terjangkit varian Omicron memiliki gejala ringan dan masuk menjadi orang tanpa gejala (OTG).

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Widyawati, menyampaikan hal ini dalam keterangan tertulis yang terbit pada Sabtu (8/1/2022).

“Sebanyak 99 persen kasus Omicron yang diisolasi memiliki gejala ringan atau tanpa gejala,” tulis Widyawati seperti dikutip dari keterangan tertulisnya.

Dalam keterangan yang sama, Widyawati juga mengatakan, berdasarkan pemantauan Kemenkes gejala paling banyak yang dialami pasien Omicron adalah batuk dan pilek.

“Sebagian besar kondisinya ringan dan tanpa gejala. Gejala paling banyak adalah batuk dan pilek,” ujarnya.

Lebih lanjut, Widyawati juga mengatakan ada 4,3 persen kasus memiliki komorbid seperti diabetes melitus dan hipertensi, serta 1 persen kasus membutuhkan terapi oksigen.

Widyawati juga menyampaikan ada sekitar 97 persen kasus didominasi oleh pelaku perjalanan luar negeri dan berasal dari Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Kemenkes Sebut 99 Persen Kasus Omicron Bergejala Ringan dan OTG

Secara kumulatif, menurut dia, kasus paling banyak berasal dari Turki dan Arab Saudi.

“Kemudian kebanyakan kasus konfirmasi Omicron adalah mereka yang sudah lengkap vaksinasi Covid-19,” imbuh dia.

Diketahui, hingga Jumat (7/1/2022) sudah terdata sekitar 318 kasus Omicron di Tanah Air. Hal ini berdasarkan adanya penambahan 57 kasus dalam hari yang sama.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.