Mulai 12 Januari 2022, Vaksin Booster Covid-19 Gratis atau Bayar?

Kompas.com - 09/01/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Booster vaksin Covid-19 atau vaksinasi dosis ketiga akan mulai disalurkan oleh pemerintah kepada masyarakat pada 12 Januari 2022.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (4/1/2022), rencana tersebut diumumkan pemerintah melalui Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin.

"Saya update soal program vaksinasi booster. Tadi sudah diputuskan oleh Bapak Presiden (Joko Widodo). (Vaksinasi booster) berjalan tanggal 12 Januari (2022) ini," kata Budi.

Penurunan efektivitas beberapa jenis vaksin dalam kurun waktu tertentu, membuat pemberian vaksin booster atau vaksin penguat sangat dibutuhkan untuk memberi perlindungan lebih terhadap ancaman Covid-19.

Vaksin booster gratis atau bayar?

Dikutip dari Kompas.tv melalui KOMPAS.com, berbeda dengan vaksin dosis pertama dan kedua, vaksin booster tidak diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat.

Baca juga: Perkiraan Harga Booster Vaksin Covid-19

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, hanya ada 100 juta orang yang berasal dari masyarakat golongan bawah yang berhak mendapatkan vaksin booster secara gratis, sedangkan sisanya harus membayarnya.

"Rakyat kita kelas bawah tidak bayar atau gratis, kira-kira 100 juta orang, yang lainnya bayar. Saya pasti bayar lah," ujar Luhut.

Berapa harga vaksin booster?

Dikutip dari KompasTV melalui KOMPAS.com, Budi Gunadi Sadikin memperkirakan, biaya yang harus dibayar masyarakat agar bisa mendapat vaksin booster adalah sekira Rp300.000.

"Paling mahal berapa ya, harganya di bawah Rp300.000," ungkap Budi.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Alexander Ginting menjelaskan, biaya vaksin booster yang harus dibayar bergantung platform vaksin yang digunakan.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.