Tips Membuat Pupuk Organik Penyubur Tanaman dari Daun Kelor

Kompas.com - 09/01/2022, 09:29 WIB
Ilustrasi daun kelor. PIXABAY/SVIBHANDIKIlustrasi daun kelor.

KOMPAS.com - Tanaman kelor (Moringa oleifera) dikenal memiliki kandungan gizi yang melimpah, bahkan untuk hewan dan tanaman.

Salah satu kandungan daun kelor yang penting adalah zeatin.

Zeatin mampu merangsang pertumbuhan tanaman, terutama tanaman-tanaman baru. Mulai dari perkecambahan biji, pertumbuhan, hingga pemasok nutrisi tanaman pada saat pembuahan.

Daun kelor memiliki nutrisi yang sangat lengkap. Daun kelor basah mengandung karbohidrat sebesar 12,5 persen, protein hingga 7 persen, dan kaya akan vitamin A, B1, B2, C, kalsium, kalium dan berbagai mineral lainnya.

Dalam kondisi kering, daun kelor memiliki kandungan protein sampai 27 persen.

Inilah alasan mengapa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengajukan daun kelor sebagai solusi untuk mengatasi malnutrisi di sejumlah negara.

Baca juga: 7 Manfaat Tak Terduga dari Daun Kelor

Manfaat daun kelor untuk tanaman

Adapun manfaat daun kelor untuk tanaman adalah ketika dicampur air dan dijadikan pupuk organik cair, pertumbuhan tanaman akan lebih cepat 25 persen dan meningkatkan hasil panen sebesar 35 persen.

Untuk membuat pupuk cair dari daun kelor yang dominan mengandung protein, Anda membutuhkan bahan pendamping yang bisa melengkapi unsur karbohidrat dan sumber energi.

Bahan pendamping yang bisa dijadikan sumber karbohidrat adalah air beras, dedak atau bekatul, serta tepung beras.

Sementara untuk sumber energinya dapat diperoleh dari air kelapa, gula jawa, gula pasir, atau tebu. Nah, Anda dapat memilih salah satu dari bahan-bahan tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.