Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Vaksin Booster Ilegal, Diduga Beredar Sejak Tahun Lalu di Surabaya

Kompas.com - 09/01/2022, 08:49 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Pihak kepolisian saat ini tengah menyelidiki dugaan adanya peredaran vaksin booster di Surabaya, Jawa Timur.

Hal ini menindaklanjuti laporan Dinas Kesehatan Kota Surabaya yang menemukan peredaran vaksin booster jenis Sinovac yang dijual Rp 250.000 per dosis.

"Polrestabes Surabaya sudah membentuk tim untuk menyelidiki peredaran vaksin booster di Surabaya," kata Kapolda Jatim Nico Afinta kepada wartawan di Mapolda Jatim, Kamis (6/1/2022).

Dia memastikan, vaksin booster yang beredar di masyarakat berapa pun harganya adalah praktik ilegal.

"Karena vaksin booster rencananya baru akan dimulai tahun ini. Sementara yang di Surabaya itu sejak tahun kemarin beredar," ujarnya.

Praktik tersebut, kata Nico, diduga ulah sekelompok orang yang mengeruk keuntungan pribadi di tengah gencarnya vaksinasi yang sedang dijalankan pemerintah.

Baca juga: Temuan Vaksin Booster Ilegal di Surabaya, Kapolda: sejak Tahun Kemarin Beredar

Temuan Dinkes Surabaya

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina membenarkan pihaknya melaporkan temuan dugaan praktik vaksin booster ilegal di Surabaya.

"Berdasarkan temuan di lapangan ada vaksin booster jenis Sinovac dijual Rp 250.000. Kami sedang menunggu hasil penyelidikan polisi," kata Nanik berdasarkan keterangan resminya Rabu (5/1/2022).

Dia juga memastikan bahwa vaksin booster untuk warga saat ini masih belum dilakukan.

Vaksin booster ilegal beredar sejak tahun lalu

Kepolisian menyebutkan, vaksin booster ilegal di Surabaya sudah beredar sejak tahun lalu. Vaksin ini disebut ilegal karena beredar tidak melalui distribusi Dinas Kesehatan.

Padahal Pemkot Surabaya baru akan memulai vaksinasi booster untuk masyarakat 18 tahun ke atas pada 12 Januari 2022.

"Karena vaksin booster rencananya baru akan dimulai tahun ini. Sementara yang di Surabaya itu sejak tahun kemarin beredar," kata Kapolda Jatim Nico Afinta kepada wartawan di Mapolda Jatim, Kamis (6/1/2022).

Sebagai informasi, pemerintah baru akan memulai vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster Covid-19 akan mulai disuntikkan pada 12 Januari 2022.

Pemerintah saat ini sedang mempersiapkan program vaksin booster tersebut berdasarkan kriteria dan syarat penerima vaksin.

Baca juga: Vaksin Booster Diduga Dijual Rp 250.000 Per Dosis di Surabaya, Polisi Mulai Penyelidikan

"Update program vaksinasi booster sudah diputuskan oleh Bapak Presiden akan jalan 12 Januari," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/1).

(Sumber : Kompas.com Penulis Kontributor Surabaya, Achmad Faizal | Editor Priska Sari Pratiwi, Pythag Kurniati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com