Cara Membuat Semprotan dari Bahan Alami untuk Usir Tikus

Kompas.com - 08/01/2022, 22:35 WIB

KOMPAS.com - Keberadaan tikus di rumah sangatlah mengganggu. Hewan pengerat yang satu ini bukan hanya dapat merusak tetapi juga bisa membawa bibit-bibit penyakit.

Tikus juga identik dengan lingkungan yang kotor. Itu artinya rumah yang kerap didatangi oleh tikus memiliki penataan atau kondisi yang berantakan dan tidak bersih.

Cara mengusir tikus di rumah yang cukup umum digunakan adalah dengan memasang perangkap tikus. Sayangnya, cara ini kurang efektif karena tidak selalu tepat sasaran. Sering kali tikus berhasil menghindar dari perangkap.

Baca juga: Semprotan Bahan Alami Ini Bisa Usir Tikus di Rumah

Cara lainnya yang juga cukup banyak digunakan adalah dengan memberi racun tikus. Namun cara ini berisiko tinggi apabila Anda memiliki anak-anak. Jika tidak hati-hati justru bisa membahayakan orang lain.

Kendati begitu, Anda tidak perlu khawatir. Sebab masih ada cara mengusir tikus dari rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang lebih ramah lingkungan dan mudah digunakan.

Tak sulit karena beberapa bahan di rumah juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Seperti dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (6/1/2022), Anda bisa meramu bahan-bahan berikut ini menjadi semprotan pengusir tikus.

Baca juga: 5 Bumbu Dapur yang Bisa Usir Tikus dari Rumah

Mengusir tikus dengan bahan alamiUnsplash/Sandy Millar Mengusir tikus dengan bahan alami

Cara membuat semprotan alami untuk mengusir tikus

Semprotan yang mengandung bahan-bahan rumah tangga biasa seringkali efektif untuk mencegah tikus memasuki rumah melalui retakan maupun lubang pondasi.

Untuk membuatnya, siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 2 sendok makan minyak jarak atau minyak kastroli
  • 6 sendok makan sabun cuci piring
  • 1 sendok makan saus sambal
  • 1 siung bawang putih cincang

Cara membuat:

  • Campurkan bahan-bahan tersebut ke dalam wadah botol semprot
  • Semprotkan ke tempat-tempat di mana tikus sering muncul di rumah Anda

Tidak lupa, Anda bisa aplikasikan kembali semprotan di atas setiap kali hujan. Campur dengan larutan baru sebelum digunakan untuk memaksimalkan efisiensi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.