Rekor Baru Matahari Buatan China, Bisa Menyala hingga 17 Menit

Kompas.com - 08/01/2022, 17:20 WIB

KOMPAS.com - Program matahari buatan China kembali memecahkan rekor. Program yang disebut sebagai Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST) itu berhasil mencapai suhu hingga 70 juta derajat Celsius dan bertahan sekitar 17 menit.

Pencapaian tersebut berhasil melewati capaian sebelumnya yakni bisa mencapai suhu 120 juta derajat Celsius dan bertahan dalam waktu 101 detik, pada Mei 2021 lalu.

Media China Xinhua melaporkan, inti matahari buatan ini diyakini memiliki suku sekitar 15 juta derajat Celsius.

Karena itu, suhu yang bisa dicapai matahari buatan China itu diklaim bisa lima kali lebih panas daripada matahari betulan.

Baca juga: Mengenal Matahari Buatan China, Rutin Cetak Rekor Baru

Lalu apa sebenarnya matahari buatan china itu?

Dilansir dari RT, Selasa (4/1/2022), EAST merupakan reaktor fusi nuklir yang digadang menjadi sumber energi masa depan.

EAST memanfaatkan medan magnet untuk bisa menghasilkan plasma panas dari fusi nuklir. Perangkat tersebut sengaja dirancang untuk meniru proses fusi nuklir yang dilakukan oleh matahari sebagaimana diwartakan oleh RT.

Capaian rekor terbaru tersebut diumumkan pada Jumat (31/12/2021) oleh peneliti di Institut Fisika Plasma dari Akademi Ilmu Pengetahuan China (ASIPP), Gong Xianzu.

“Operasi terbaru ini meletakkan dasar ilmiah dan eksperimental yang kuat untuk menjalankan reaktor fusi,” kata Gong.

Baca juga: Bagaimana Cara Matahari Buatan China Bekerja?

Bendera China terpasang di sebuah reaktor nuklir di Hefei, Provinsi Anhui, China, 14 November 2018.REUTERS via VOA INDONESIA Bendera China terpasang di sebuah reaktor nuklir di Hefei, Provinsi Anhui, China, 14 November 2018.

Lebih dekat dengan matahari buatan China

Matahari buatan China untuk pertama kalinya berhasil menyala pada Desember 2020 lalu. Sebagai reaktor fusi nuklir, matahari buatan China ini diklaim akan menjadi sumber energi baru di masa depan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.