Tak Diwajibkan, Ini Kriteria ASN yang Bisa Mengikuti Pelatihan Dasar Militer

Kompas.com - 01/01/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak wajib mengikuti program pelatihan Komponen Cadangan.

Hal itu ditekankan oleh pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo.

Tjahjo mengatakan, hal itu tidak tercantum di dalam Surat Edaran Menteri PANRB No. 27/2021 tentang Peran Serta Pegawai ASN sebagai Komponen Cadangan dalam Mendukung Upaya Pertahanan Negara.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (30/12/2021), Tjahjo menegaskan bahwa program pelatihan Komponen Cadangan bersifat sukarela.

"Di dalam SE No. 27/2021 tersebut tidak disebutkan bahwa ASN wajib mengikuti pelatihan Komponen Cadangan," kata Tjahjo.

Baca juga: ASN di Wilayah Ini Boleh Cuti dan Bepergian ke Luar Kota Saat Nataru

"Program pelatihan Komponen Cadangan bersifat sukarela, sehingga tidak ada yang menyebutkan bahwa ASN wajib mengikuti," imbuhnya.

Meski begitu, menurut Tjahjo, ASN memang diharapkan dapat terlibat dalam program Komponen Cadangan sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pertahanan negara.

Keterlibatan ASN dalam program Komponen Cadangan diyakini dapat memperkuat upaya pertahanan negara yang dilakukan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Akan tetapi, walaupun bersifat sukarela, terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh ASN yang hendak mengikuti pelatihan Komponen Cadangan.

Adapun persyaratannya antara lain beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, berusia antara 18-35 tahun, sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki catatan kriminal, serta beberapa persyaratan lainnya.

Baca juga: PPKM Level 3 saat Libur Nataru: ASN Dilarang Cuti dan Perayaan Tahun Baru Ditiadakan

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.