Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diwarnai 3 Kartu Merah, Indonesia Kalahkan Singapura dan Lolos ke Final Piala AFF 2020

Kompas.com - 26/12/2021, 08:33 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Timnas Indonesia berhasil lolos ke Final Piala AFF 2020 usai mengandaskan perlawanan ketat Singapura 4-2 di pertandingan semifinal leg kedua, Sabtu (25/12/2021) malam.

Dengan hasil ini, Indonesia unggul 5-3 secara agregat atas Singapura, di mana pada pertandingan semifinal Piala AFF 2020 leg pertama, kedua tim bermain imbang 1-1.

Berlangsung di National Stadium, Singapura, laga Indonesia melawan Singapura berlangsung ketat, keras, dan dramatis. Butuh waktu hingga 120 menit bagi Witan Sulaeman dkk untuk memastikan langkah ke final.

Baca juga: Deretan Drama Indonesia Vs Singapura: 3 Kartu Merah, Hujan 6 Gol, hingga Aksi Heroik 2 Kiper

Kerasnya laga bisa dilihat dari tiga kartu merah yang dikeluarkan wasit asal Oman, Qasim Matar Ali Al Hatmi untuk tiga pemain Singapura.

Momen tidak terlupakan lainnya adalah keberhasilan Nadeo Argawinata menepis tendangan penalti winger Singapura, Faris Ramli, di menit-menit akhir pertandingan.

Jalannya pertandingan Indonesia Vs Singapura

Shin Tae-yong kembali melakukan perubahan pada 11 pemain pertama. Di laga ini, pelatih asal Korea Selatan itu memilih memainkan Ezra Walian dan Ramai Rumakiek, menggantikan Irfan Jaya dan Dedik Setiawan yang main di leg pertama lalu.

Keputusan ini berbuah manis setelah Ezra berhasil membobol gawang Singapura di menit ke-11. Unggul 1-0 Indonesia terus menguasai jalannya pertandingan dan berhasil membuat beberapa peluang.

Insiden terjadi di penghujung babak pertama. Pemain Singapura Safuwan Baharudin menerima kartu kuning kedua setelah melayangkan lengan ke Rizky Ridho. Kalah jumlah pemain, Singapura justru berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Song Ui-young di menit 45+4'.

Masuk babak kedua, Shin Tae-yong melakukan beberapa perubahan. Empat pemain yakni, Hanis Saghara, Irfan Jaya, Egy Maulana Vikri, dan Elkan Baggot dimasukkan dari bangku cadangan untuk menambah daya gedor.

Baca juga: Rekap Indonesia Vs Singapura: Video Gol, Reaksi Media Asia Tenggara, dan Semua yang Dikatakan STY Setelah Kemenangan Dramatis Garuda!

Peluang Irfan Jaya di menit ke-67 terpaksa dihentikan paksa oleh bek Singapura Irfan Fandi yang berujung kartu merah untuk anak dari legenda Singapura, Fandi Ahmad tersebut.

Sayangnya, melawan 9 pemain Singapura, tim Garuda justru kecolongan lewat gol cantik Shahdan Sulaiman di menit ke-74. Tendangan bebas melengkung dari Shahdan gagal dibendung oleh Nadeo.

Tertinggal 1-2, timnas Indonesia kian gencar melancarkan serangan ke Singapura. Namun kiper Singapura, Hassan Sunny, bermain sangat baik di laga kali ini.

Gelandang timnas Indonesia Ricky Kambuaya mendapat tekel dari pemain Singapura Hami Syahin pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, pada Sabtu (25/12/2021).PSSI Gelandang timnas Indonesia Ricky Kambuaya mendapat tekel dari pemain Singapura Hami Syahin pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, pada Sabtu (25/12/2021).

Gol yang ditunggu akhirnya tiba di menit ke-87. Lewat skema serangan yang baik, Pratama Arhan berhasil memanfaatkan bola muntah dari tendangan Witan Sulaeman yang ditepis oleh Hassan Sunny.

Indonesia nyaris pulang dengan tangan kosong setelah diganjar penalti dua menit berselang. Pratama Arhan dinilai wasit melanggar gelandang Singapura.

Dengan tekanan yang begitu tinggi, Nadeo berhasil mementahkan tendangan penalti dari winger Singapura, Faris Ramli. Skor 2-2 menutup waktu normal 90 menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com