Seberapa Mahal Tarif Hotel Karantina Mandiri 10 Hari? Cek Faktanya

Kompas.com - 25/12/2021, 06:21 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah kembali menerapkan karantina mandiri di hotel bagi pelaku perjalanan internasional yang memasuki wilayah Indonesia. Lama karantina usai menyebarnya varian Omicron Covid-19 ini menjadi 10 hari.

Panjangnya karantina mandiri di hotel ini dikeluhkan oleh sebagian masyarakat terutama WNI yang baru pelesir dari luar negeri. Sebab selain sempat berubah-ubah dari 3 hari, 5 hari, serta 8 hari, biaya yang dibutuhkan tentu bertambah.

Merespon keluhan soal tarif hotel karantina, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran menepis anggapan mahal tersebut.

Justru ia menyebut bahwa harga tersebut di bawah tarif standar pelayanan hotel di luar karantina mandiri.

"Tidak (menguntungkan), malah lebih murah dan harganya juga tidak dinamis. Ini kan harga paket. Kelihatan mahal karena dari faktor 10 hari itu," katanya dilansir dari Antara, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: Biaya Karantina Hotel Dikeluhkan Mahal, Satgas: Sesuai Standar Keuangan Pemerintah

Menurut Maulana, tarif maksimal karantina mandiri di hotel yang dipatok sekitar Rp 7,2 juta untuk hotel bintang dua dan Rp 21 juta untuk hotel kategori luxury (mewah) merupakan harga paket untuk 10 hari.

Rincian tarif hotel untuk karantina mandiri

1. Hotel bintang dua (Rp 6,7 juta hingga maksimal Rp 7,2 juta)

Maulana menjabarkan, dengan tarif hotel karantina 10 hari di hotel bintang dua mulai dari Rp 6,7 juta hingga maksimal Rp 7,2 juta.

  • Tarif kamar hanya dikenakan sekitar Rp 300.000 per malam.
  • Biaya makan yang rata-rata sekitar Rp 250.000 per hari.
  • Laundry Rp 45.000 per hari.
  • Biaya transportasi dari bandara ke hotel serta biaya tenaga kesehatan, keamanan juga dua kali tes PCR dengan total kira-kira Rp 1,3 juta-Rp 1,35 juta per paket.

"Kalau tarif biasa kan cuma (tarif) menginap dan sarapan saja. Tidak ada makan siang atau makan malam, laundry. Makanannya pun lengkap, karena berupa paket makanan," katanya.

2. Hotel bintang lima dan luxury (Rp 12,4 juta-Rp 21 juta)

Maulana, paket karantina di hotel bintang lima dan luxury juga di bawah tarif standar.

Tarif hotel bintang lima Rp 12,4 juta - Rp 16 juta, dan hotel luxury Rp 17 juta -Rp 21 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.