Ketua KPK Firli Bahuri Dimutasi Polri, Ini Posisinya

Kompas.com - 19/12/2021, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap sejumlah petinggi (pati) kepolisian. Salah satu pati Polri yang ikut dimutasi adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol Firli Bahuri.

Mutasi tersebut tertuang dalam surat bernomor ST/2568/XII/KEP/2021. Tertulis di dalamnya Komjen Pol Firli Bahuri Pati Bareskrim Polri yang saat ini sedang penugasan sebagai ketua KPK RI dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun.

Sebelumnya, Firli menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri yang saat ini sedang dalam penugasan di KPK. Pada 8 Desember 2021, Firli berusia 58 tahun atau sudah memasuki masa pensiun.

Baca juga: Kapolri Mutasi Sejumlah Perwira Tinggi, Ada Nama Firli Bahuri

Firli tetap menjadi Ketua KPK

Kendati demikian Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Firli tetap akan menjabat sebagai Ketua KPK sesuai dengan periode masa jabatannya, yakni hingga 2023.

“Ya tetap (Ketua KPK) sampai 2023 masa jabatannya berakhir di KPK,” sebut Dedi dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (18/12/2021).

Ia menambahkan, Firli hanya pensiun sebagai jabatannya sebagai polisi. Hal itu tidak berpengaruh pada statusnya sebagai Ketua KPK.

“Pensiun hanya pangkatnya (sebagai polisi) saja,” kata dia.

Firli terpilih menjadi Ketua KPK untuk periode 2019-2023. Ia dilantik bersama empat komisioner KPK lainnya yakni Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pamolango, dan Nurul Ghufron.

Baca juga: Munarman: Dulu, Irjen Firli Bahuri Jadi Idola Saat Aksi 212

Mantan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan itu terpilih dengan suara bulat melalui pemilihan oleh komisi III DPR. Sebelum terpilih menjadi Ketua KPK, Firli juga pernah berkiprah di Komisi Antirasuah tersebut sebagai Deputi Penindakan KPK. Kala itu dirinya masih berpangkat Irjen.

Tahun ini, Firli berusia 58 tahun dan sudah saatnya memasuki pensiun di kepolisian.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.