Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh untuk Lansia

Kompas.com - 18/12/2021, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami masalah kesehatan adalah adalah bertambahnya usia.

Kelompok lanjut usia (lansia) lebih mudah terserang penyakit karena cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah.

Dengan demikian, mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lansia sekaligus mencegah berbagai penyakit.

Dilansir dari Healthline melalui Kompas.com, Jumat (17/12/2021), berikut adalah 5 cara meningkatkan kekebalan tubuh untuk lansia:

1. Makan makanan sehat

Makan makanan yang sehat dan bernutrisi adalah salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan untuk lansia sehingga dapat melawan berbagai penyakit. 

Baca juga: Peringatan Jokowi soal Bahaya Omicron, Tembus Imun Tubuh hingga Ekonomi Bisa Jatuh

Makanan sehat ini termasuk buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin dan antioksidan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Makanan yang sehat ini harus diikuti oleh pengurangan asupan gula, lemak, dan makanan olahan, serta memilih daging tanpa lemak.

Jika merasa belum mendapatkan vitamin dan nutrisi yang cukup dari makanan, konsultasikan pada dokter untuk rekomendasi multivitamin atau suplemen herbal.

2. Tetap aktif bergerak

Aktivitas fisik yang berat memanf menjadi lebih sulit dilakukan seiring bertambahnya usia, namun ini tidak berarti lansia harus berhenti bergerak sama sekali. 

Aktivitas fisik yang rutin dan cukup dapat meningkatkan sistem kekebalan dan membantu tubuh melawan infeksi serta serangan penyakit.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.