Telkomsel Jadi Operator Seluler dengan Internet Terkencang, Ini Daftar Lengkapnya

Kompas.com - 11/12/2021, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Ada beberapa layanan operator seluler yang beroperasi di Indonesia. Bagi pengguna internet berbasis data seluler, mungkin sering bertanya operator mana yang memiliki kecepatan internet yang paling kencang.

Pertanyaan tersebut kini terjawab lewat lembaga riset jaringan mobile, OpenSignal.

Dalam laporan bertajuk “Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2021”, OpenSignal melakukan riset terhadap lima operator seluler terbesar di Indonesia.

Baca juga: Begini Wujud Satria-I, Satelit Pembawa Internet dari Indonesia

Kelimanya yakni Telkomsel, XL, Tri, Indosat, dan Smartfren. Dari riset tersebut, Telkomsel kembali dinobatkan sebagai operator seluler yang mencatat kecepatan download dan upload tertinggi secara nasional versi OpenSignal.

Kecepatan download

Berdasarkan laporan OpenSignal, kecepatan download internet Telkomsel mencapai rata-rata angka 16,3 Mbps. Lebih cepat 5,3 persen dari operator XL yang duduk di peringkat kedua dengan kecepatan download rata-rata 15,5 Mbps.

Menyusul di urutan ketiga, Indosat mencatat kecepatan download rata-rata sebesar 13,2 Mbps. Adapun posisi keempat dan kelima diisi oleh Hutchison Tri dan Smartfren dengan kecepatan download rata-rata masing-masing 10,98 Mbps dan 8,9 Mbps.

Berikut rinciannya

Telkomsel 16,3 Mbps
XL Axiata 15,5 Mbps
Indosat Ooredoo 13,2 Mbps
Hutchison Tri Indonesia (3) 10,9 Mbps
Smartfren 8,9 Mbps

Kecepatan download (pengunduhan) operator seluler di Indonesia.OpenSignal Kecepatan download (pengunduhan) operator seluler di Indonesia.

Kecepatan upload

Untuk kecepatan upload, Telkomsel lagi-lagi berada di puncak dengan kecepatan upload mencapai 8,1 Mbps.

"Telkomsel memenangkan penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah karena pengguna menikmati unduh rata-rata tercepat 16,3 Mbps dan kecepatan unggah 8,1 Mbps di jaringan Telkomsel," ungkap analis OpenSignal, Hardik Khatri, dilansir dari berita Kompas.com Kamis (9/12/2021).

Baca juga: Daftar Operator Seluler dengan Internet Terkencang di Indonesia, Telkomsel Teratas

Namun berbeda dengan peringkat pada kecepatan download, di kategori kecepatan upload, Indosat berada di peringkat kedua mengungguli XL.

OpenSignal melaporkan bahwa Indosat meraih kecepatan upload hingga 7,2 Mbps. Kecepatan tersebut lebih tinggi dibanding XL dan Tri, yang masing-masing di angka 6,7 Mbps dan 5,9 Mbps.

Sementara di posisi terakhir ada Smartfren yang memiliki angka kecepatan upload rata-rata 1,7 Mbps. Terpaut cukup jauh dengan operator seluler pesaingnya di atas.

Telkomsel 8,1 Mbps
XL Axiata 7,2 Mbps
Indosat Ooredoo 6,7 Mbps
Hutchison Tri Indonesia (3) 5,9 Mbps
Smartfren 1,7 Mbps

Kecepatan upload operator seluler di Indonesia.OpenSignal Kecepatan upload operator seluler di Indonesia.

Baca juga: Daftar Provider Internet Terbaik dan Harga Pasang WiFi di Rumah

Sebagai informasi, riset yang dijabarkan dalam laporan OpenSignal telah dilaksanakan selama 90 hari, yakni mulai dari 1 Agustus 2021 hingga 29 Oktober 2021.

Informasi lebih detail tentang hasil riset ini bisa dilihat di situs resmi OpenSignal di tautan berikut ini.

(Sumber:Kompas.com/Kevin Rizky Pratama | Editor: Reska K. Nistanto)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.