Survei Sebut Publik Puas atas Kinerja Jokowi, Stafsus Presiden: Kami Akan Kerja Lebih Keras Lagi

Kompas.com - 06/12/2021, 05:30 WIB
Stafsus Presiden Aminuddin Maruf saat membuka Seminar Nasional Kongres Himpunan Mahasiswa Politik (Himapol) ke-IV, di Jakarta, Selasa 9 November 2021. Stafsus Presiden Aminuddin Maruf saat membuka Seminar Nasional Kongres Himpunan Mahasiswa Politik (Himapol) ke-IV, di Jakarta, Selasa 9 November 2021.
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Staf Khusus Presiden Aminuddin Maruf menyambut baik hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia, yang menyebutkan kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah meningkat dalam empat bulan terakhir .

"Tentu kita mengapresiasi hasil tersebut. Namun, hal itu tidak membuat kita puas, justru memicu agar kami bekerja dengan keras agar bisa berbuat lebih banyak lagi untuk masyarakat," kata Amin kepada Kompas.com via sambungan WhatsApp, Minggu (5/12/2021) malam.

Sebelumnya, Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei yang salah satunya terkait kinerja Presiden Joko Widodo. Survei tersebut dilakukan dari 2 hingga 6 November 2021.

Baca juga: Survei Indikator: Polri Geser KPK Jadi Lembaga Penegak Hukum Paling Dipercaya

Adapun metode survei adalah melalui wawancara tatap muka dan penentuan responden dilakukan dengan multistage random sampling.

Total responden yang disurvei sebanyak 2.020 responden yang terdiri dari 1.220 orang sampel basis dan 800 responden oversample yang tersebar di 10 provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Ada pun margin of error dari survei sekitar 2,9 persen.

Hasil survei menyebutkan, sebanyak 61 persen responden cukup puas atas kinerja Presiden Jokowi.

Jika melihat data survei berdasarkan sosio demografi, responden usia di bawah 21 tahun yang puas terhadap kinerja Jokowi sebesar 76,5 persen. Sementara usia 22-25 tahun sebanyak 66,0 persen.

Lalu responden usia 26-40 tahun atau biasa disebut milenial yang puas terhadap kinerja Jokowi sebanyak 71,5 persen. Lalu usia 41 hingga 55 tahun sebesar 69,2 persen. Lalu responden berusia di atas 55 tahun yang puas terhadap kinerja Presiden Jokowi adalah 78,0 persen.

Amin mengapresiasi atas kepuasan generasi milenial terhadap kinerja Presiden Jokowi.

"Kepuasan dari generasi milenial menjadi gambaran program-program yang dilakukan pemerintah disambut baik oleh mereka. Ini patut kita syukuri dan tingkatkan," kata Amin yang merupakan stafsus milenial.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.