Termasuk di Indonesia, Ini 10 Letusan Gunung Api Terbesar di Dunia

Kompas.com - 05/12/2021, 23:20 WIB
ilustrasi ledakan supervulkan anak krakatau DOK.Shutterstock Shutterstockilustrasi ledakan supervulkan anak krakatau DOK.Shutterstock

KOMPAS.com - Di Indonesia baru saja terjadi erupsi Gunung Semeru, tepatnya pada Sabtu (4/12/2021). Selain Gunung Semeru, Indonesia memang memiliki banyak gunung api lainnya yang masih aktif.

Bahkan, dalam sejarahnya, salah satu letusan gunung api terbesar di dunia ada yang berasal dari gunung api di Indonesia.

Letusan gunung api diukur dengan sistem klasifikasi yang disebut VEI (Volcanic Explosivity Index). Sistem ini mulai dikembangkan pada tahun 1980-an.

Skalanya adalah 1 sampai dengan 8. Letusan gunung api terbesar di dunia yang tercatat pernah mencapai kekuatan 8 VEI.

Baca juga: 10 Letusan Gunung Api Terbesar di Dunia, Ada 2 dari Indonesia

Namun itu terjadi di waktu yang sudah sangat lama sekali. Dalam kurun waktu 10.000 terakhir belum ada letusan gunung berapi yang kekuatannya mencapai 8 VEI.

Kendati begitu, sepanjang usia bumi ini, diyakini sudah ada beberapa letusan kuat yang sangat menghancurkan.

Dilansir dari data Live Science via Kompas.com, Minggu (5/12/2021), berikut ini adalah 10 letusan gunung berapi terbesar di dunia yang tercatat oleh manusia:

1. Erupsi Yellowstone, 640.000 tahun yang lalu (8 VEI)

Taman Nasional Yellowstone di Wyoming, Amerika Serikat.NATIONAL PARK SERVICE via LIVE SCIENCE Taman Nasional Yellowstone di Wyoming, Amerika Serikat.

Letusan terbesar yang pertama adalah Gunung Yellowstone di Wyoming, Amerika Serikat. Saat ini, bekas letusan dahsyat itu membentuk sebuah kaldera besar di Wyoming barat.

Yellowstone pernah meletus dengan kekuatan luar biasa, tiga letusan berkekuatan 8 VEI mengguncang daerah itu pada 2,1 juta tahun lalu, 1,2 juta tahun lalu, dan yang terakhir pada 640.000 tahun lalu.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.