Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi yang Tepat Meletakkan Unit AC Outdoor agar Efektif Bekerja

Kompas.com - 04/12/2021, 22:30 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Unit AC outdoor adalah unit kondensasi yang ditempatkan di luar rumah. Unit ini memiliki jeruji logam di bagian atas dan bilah panggangan di sepanjang sisinya untuk memungkinkan udara ditarik ke dalam guna mendinginkan kondensor.

Bagian unit AC outdoor sama pentingnya dengan unit AC indoor atau bagian dalam, sehingga harus diperhatikan agar bisa bekerja efektif.

Posisi yang tepat untuk meletakkan unit AC outdoor

Melansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (3/12/2021), bilah ini harus diberi ruang yang cukup agar sirkulasi udara memadai dan mencegah kondensor terlalu panas sehingga tidak efektif.

Untuk itu, meletakkan unit AC outdoor tak boleh sembarangan guna memberikan hasil maksimal. Idealnya, unit AC outdoor harus diletakkan pada jarak minimum 76 sentimeter antara kondensor dan dinding untuk pendinginan bekerja efektif.

Jika jarak minimum ini tidak dipatuhi, kecuali penempatannya diizinkan perusahaan induk, garansi asli produk akan dibatalkan.

Meski tidak ada jarak operasi maksimum yang diperlukan antara dinding dan kondensor, jarak tersebut ditentukan oleh panjang selang serta penempatan pijakan di mana unit AC outdoor akan berdiri.

Baca juga: Perhatikan, Ini Cara Tepat Meletakkan Unit AC Outdoor

Selain itu, sama dengan dinding, gulma, semak, dan tanaman tidak boleh menghalangi bilah pendingin serta setiap dinding atau pagar baru yang dibangun juga harus mempertahankan ruang minimum 76 sentimeter yang diperlukan di sekitar unit untuk pendinginan yang efektif dan menjaga garansi tetap utuh.

Tak hanya itu, untuk pendinginan maksimal, pasang unit indoor dan outdoor AC split di lokasi yang jauh dari sinar matahari langsung serta air.

Pasang unit AC outdoor pada uang terbuka sehingga tidak ada halangan untuk membuang panas dari kondensor.

Unit AC outdoor harus diletakkan pada permukaan yang rata dan kaku. Unit ini berisi komponen utama AC split seperti kompresor, kondensor, juga motor kipas.

Jika unit AC outdoor tidak berada permukaan yang rata, akan menimbulkan getaran berlebih, yang dapat menyebabkan putusnya pipa tembaga, kebocoran cairan pendingin, dan kerusakan kompresor atau kondensor.

Unit AC outdoor yang bergetar juga dapat mengganggu Anda dan tetangga lainnya.

(Sumber: Kompas.com Penulis Aniza Pratiwi | Editor Esra Dopita Maret)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com