Kisah Tanah Digital Terjual Senilai Rp 42 Miliar di Dunia Maya

Kompas.com - 28/11/2021, 22:25 WIB
Ilustrasi metaverse. Getty ImagesIlustrasi metaverse.

KOMPAS.com - Tak hanya di dunia nyata, kita bisa memiliki aset berupa tanah di ranah digital. Baru-baru ini, sebuah perusahaan investasi asal Kanada bernama Token.com membeli tanah digital.

Perusahaan tersebut mengumumkan baru saja membeli sebidang tanah berukuran 116 petak tanah di pusat kawasan mode (Fashion Street) di Decentraland, dunia virtual berbasis jaringan Ethereum.

Token.com mengumumkan, tanah digital itu dibeli seharga 618.000 MANA (mata uang digital di Decentraland) atau setara dengan Rp 42,6 miliar, melalui anak perusahannya yang bernama Metaverse Group.

Dalam keterangan tertulisnya, setiap bidang tanah digital yang dibeli setara dengan 52,5 kaki persegi (4,8 meter persegi).

Baca juga: Mengenal Metaverse yang Ramai Diperbincangkan dan Kaitannya dengan Kripto

Apabila ditotal, tanah digital yang dibeli Metaverse Group luasnya mencapai 565,7 meter persegi.

Pembelian tanah digital itu disebut sebagai akuisisi terbesar tanah digital di Centraland yang pernah tercatat hingga saat ini.

Tanah digital dipakai untuk gelar fashion show

 

Menurut keterangan resmi Decentraland, tanah digital yang dibeli bakal dimanfaatkan untuk menggelar peragaan busana (fashion show) dan perdagangan dalam industri mode secara digital.

Metaverse Group juga berencana untuk menjalin kerja sama dengan beberapa merek fesyen yang ingin menjangkau audiens baru dan memperluas cakupan layanan perdagangan elektronik mereka di dunia virtual (metaverse).

Baca juga: Semua Lembaga yang Dapat Izin BI Dilarang Layani Kripto sebagai Alat Pembayaran

Hingga saat ini, ada beberapa brand yang sudah masuk ke dunia metaverse, seperti brand mewah Louis Vuitton dan Burberry.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.