Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Negara-negara di Dunia Tahan Varian Baru Corona Omicron yang Picu Kekhawatiran Global

Kompas.com - 28/11/2021, 07:52 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Varian baru virus corona, Omicron memicu kekhawatiran global.

Tiga negara masing-masing Inggris, Jerman dan Italia mendeteksi adanya Omicron masuk ke negara mereka pada Sabtu (27/11/2021).

Perdana Inggris Boris Johnson pun mengumumkan langkah-langkah untuk menahan virus yang pertama kali ditemukan di Afruka Selatan ini. salah satunya adalah pemberlakuan pembatasan perjalanan dari Afrika.

Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid dilansir Reuters menyebutkan pihaknya mendeteksi dua kasus varian Omicron di Inggris. Dua kasus itu berasal dari perjalanan dari Afrika Selatan.

Baca juga: Inggris, Jerman dan Italia Laporkan Temuan Kasus Varian Omicron, Israel Tutup Total Perbatasan

Langkah-langkah Inggris

Johnson menetapkan langkah-langkah yang mencakup aturan pengujian yang lebih ketat, untuk orang-orang yang tiba di negara itu.

Tetapi pengetatan terbaru itu tidak membatasi aktivitas sosial selain mewajibkan pemakaian masker di beberapa pengaturan.

"Kami akan meminta siapa pun yang memasuki Inggris untuk melakukan tes PCR pada akhir hari kedua setelah kedatangan mereka dan mengisolasi diri sampai mereka mendapatkan hasil negatif," kata Johnson dalam konferensi pers.

Orang-orang yang telah melakukan kontak dengan orang yang dites positif untuk kasus dugaan Omicron harus mengasingkan diri selama 10 hari.

Baca juga: Corona Varian Omicron 500 Kali Lebih Menular, WHO Sebut Mengkhawatirkan

 

Pemerintah Inggris juga akan memperketat aturan mengenakan masker, kata Johnson, menambahkan langkah-langkah itu akan ditinjau dalam tiga minggu.

Upaya negara lain

Kementerian kesehatan di negara bagian Bavaria Jerman juga mengumumkan dua kasus varian yang dikonfirmasi.

Kedua orang itu memasuki Jerman di bandara Munich pada 24 November, sebelum Jerman menetapkan Afrika Selatan sebagai daerah varian virus, dan sekarang menjalani isolasi, kata kementerian itu, tanpa menyatakan secara eksplisit bahwa orang-orang itu telah melakukan perjalanan dari Afrika Selatan.

Di Italia, Institut Kesehatan Nasional mengatakan kasus varian baru telah terdeteksi di Milan pada seseorang yang berasal dari Mozambik.

Otoritas kesehatan Ceko juga mengatakan mereka sedang memeriksa kasus dugaan varian pada seseorang yang menghabiskan waktu di Namibia.

Baca juga: Afrika Selatan Mengeluh Dihukum karena Temukan Varian Covid-19 Omicron

Israel mengatakan akan melarang masuknya semua orang asing ke negara itu, dan memperkenalkan kembali teknologi pelacakan telepon kontra-terorisme untuk menahan penyebaran varian tersebut. 

Negara-negara lain seperti Amerika dan Uni Eropa juga membatasi perjalanan di Afrika Selatan pasca-munculnya kasus varian corona baru Omicron. (Sumber: Kompas.com, Penulis dan Editor: Bernadette Aderi Puspaningrum)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com