Upaya Negara-negara di Dunia Tahan Varian Baru Corona Omicron yang Picu Kekhawatiran Global

Kompas.com - 28/11/2021, 07:52 WIB
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Varian baru virus corona, Omicron memicu kekhawatiran global.

Tiga negara masing-masing Inggris, Jerman dan Italia mendeteksi adanya Omicron masuk ke negara mereka pada Sabtu (27/11/2021).

Perdana Inggris Boris Johnson pun mengumumkan langkah-langkah untuk menahan virus yang pertama kali ditemukan di Afruka Selatan ini. salah satunya adalah pemberlakuan pembatasan perjalanan dari Afrika.

Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid dilansir Reuters menyebutkan pihaknya mendeteksi dua kasus varian Omicron di Inggris. Dua kasus itu berasal dari perjalanan dari Afrika Selatan.

Baca juga: Inggris, Jerman dan Italia Laporkan Temuan Kasus Varian Omicron, Israel Tutup Total Perbatasan

Langkah-langkah Inggris

Johnson menetapkan langkah-langkah yang mencakup aturan pengujian yang lebih ketat, untuk orang-orang yang tiba di negara itu.

Tetapi pengetatan terbaru itu tidak membatasi aktivitas sosial selain mewajibkan pemakaian masker di beberapa pengaturan.

"Kami akan meminta siapa pun yang memasuki Inggris untuk melakukan tes PCR pada akhir hari kedua setelah kedatangan mereka dan mengisolasi diri sampai mereka mendapatkan hasil negatif," kata Johnson dalam konferensi pers.

Orang-orang yang telah melakukan kontak dengan orang yang dites positif untuk kasus dugaan Omicron harus mengasingkan diri selama 10 hari.

Baca juga: Corona Varian Omicron 500 Kali Lebih Menular, WHO Sebut Mengkhawatirkan

 

Pemerintah Inggris juga akan memperketat aturan mengenakan masker, kata Johnson, menambahkan langkah-langkah itu akan ditinjau dalam tiga minggu.

Upaya negara lain

Kementerian kesehatan di negara bagian Bavaria Jerman juga mengumumkan dua kasus varian yang dikonfirmasi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.