Deretan Tempat-tempat Terdalam yang Ada di Dunia

Kompas.com - 27/11/2021, 16:35 WIB
Ilustrasi Palung Mariana, palung terdalam di bumi ShutterstockIlustrasi Palung Mariana, palung terdalam di bumi

KOMPAS.com - Dunia yang begitu luas memiliki banyak tempat-tempat yang masih menjadi misteri. Sebagian tempat di planet Bumi ini bahkan memiliki kedalaman luar biasa yang sulit dijangkau oleh manusia.

Mulai dari itu lubang terdalam hingga palung terdalam di dunia. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah tempat-tempat terdalam yang ada di dunia.

1. Lubang terdalam di dunia

Kola Superdeep Borehole.Wikimedia Commons Kola Superdeep Borehole.

Yang pertama adalah sebuah lubang di Murnmansk, Rusia. Lubang ini kecil, hanya memiliki diameter sebesar 23 cm.

Namun, kedalaman lubang yang diberi nama Kola Superdeep Borehole ini mencapai 12.262 meter di bawah permukaan Bumi. Ini menjadikan Kola Superdeep Borehole sebagai lubang terdalam di Bumi.

Baca juga: Melihat Kola Superdeep Borehole, Lubang Terdalam di Bumi

Lubang ini juga dijuluki sebagai “sumur neraka”. Diameternya yang sangat kecil, membuat lubang ini tidak mungkin dimasuki oleh Manusia.

Diperkirakan untuk mencapai dasarnya dibutuhkan waktu hingga 20 tahun. Penggalian lubang ini semula dimaksudkan untuk mencapai kedalaman 14.500 meter, namun para ilmuwan dan insinyur harus menyerah ketika mereka mencapai suhu tinggi yang tak terduga.

Pada kedalaman 12.626 meter, terdapat batuan berusia 2,7 miliar tahun yang memiliki suhu sekitar 180 derajat celcius. Pengeboran terakhir Kola Superdeep Borehole terjadi pada tahun 1992.

2. Palung terdalam di dunia

Palung Mariana, tempat paling dalam di Bumi tribunnewswiki.com/instagram/ultra.hd.pic Palung Mariana, tempat paling dalam di Bumi

Berapa kedalaman dasar laut? Hal itu mungkin jadi pertanyaan banyak orang. Salah satu titik terdalam yang terdapat di laut ada di Palung Mariana.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.