Waspada, Ini Deretan Penyakit yang Disebabkan Kolesterol Tinggi

Kompas.com - 20/11/2021, 20:10 WIB
Bahaya kolesterol tinggi lainnya adalah meningkatkan risiko stroke.

Plak kolesterol tidak hanya melapisi pembuluh darah di dalam dan di sekitar jantung, tetapi juga mempersempit arteri tertentu yang mengarah ke otak. Shutterstock/BencemorBahaya kolesterol tinggi lainnya adalah meningkatkan risiko stroke. Plak kolesterol tidak hanya melapisi pembuluh darah di dalam dan di sekitar jantung, tetapi juga mempersempit arteri tertentu yang mengarah ke otak.

KOMPAS.com - Kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan komplikasi sejumlah penyakit.

Ini terjadi ketika kolesterol bersama lemak dan kalsium menumpuk di plak di dinding arteri, yang mempersempit pembuluh darah hingga menyebabkan komplikasi penyakit, di antaranya stroke dan serangan jantung.

Namun perlu diketahui, kolesterol yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit ialah Low-density lipoprotein (LDL), atau lebih dikenal sebagai kolesterol jahat.

Kolesterol dalam tubuh terbagi menjadi dua, selain LDL ada juga kolesterol High-density lipoprotein atau HDL. Berbeda dengan LDL, kolesterol HDL disebut juga sebagai kolesterol baik.

Baca juga: 6 Ancaman Penyakit akibat Kolesterol Tinggi

HDL dapat membantu menghilangkan kolesterol tubuh melalui hati. Kadar kolesterol HDL yang tinggi justru dapat mengurangi risiko masalah jantung dan stroke.

Sebaliknya, kolesterol LDL tinggi dapat menyebabkan plak lemak yang menumpuk di arteri seluruh tubuh.

Melansir Kompas.com (12/11/2021), berikut ini adalah sejumlah penyakit yang perlu diwaspadai akibat kolesterol tinggi.

1. Penyakit jantung koroner

Salah satu penyakit yang paling rentan dialami oleh penderita kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian akibat serangan jantung.

Dikutip dari WebMD, kadar kolesterol terlalu tinggi menyebabkan kolesterol akan menumpuk di dinding arteri. Seiring waktu, penumpukan ini dapat menyebabkan pengerasan arteri atau aterosklerosis.

Beberapa area arteri yang menyempit dapat memperlambat aliran darah ke bagian otot jantung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.