Mengenal Pseudogout, Penyakit yang Mirip Asam Urat

Kompas.com - 20/11/2021, 19:15 WIB
Ilustrasi Pseudogout Ilustrasi Pseudogout

KOMPAS.com - Masih banyak orang yang belum mengetahui tentang pseudogout, Penyakit yang memiliki gejala mirip dengan asam urat.

Oleh sebab itu, penyakit tersebut dinamai pseudogout karena kondisi yang dialami pengidapnya hampir sama dengan gout atau penyakit asam urat.

Pseudogout adalah radang sendi (arthritis) akibat adanya kristal di dalam cairan sinovial, yakni cairan yang berfungsi untuk melumasi sendi.

Pseudogout dan asam urat memang memiliki kesamaan, yaitu sama-sama hasil akumulasi kristal di persendian.

Akan tetapi, pseudogout dan asam urat juga memiliki perbedaan. Pseudogout disebabkan oleh adanya kristal kalsium pirofosfat, sedangkan gout disebabkan oleh adanya kristal asam urat.

Pseudogout dikenal di dunia medis dengan sebutan calcium pyrophosphate deposition (CPPD) disease.

Baca juga: 7 Gejala Gagal Jantung yang Perlu Diwaspadai

Dilansir dari Mayo Clinic melalui KOMPAS.com, sampai saat ini para ahli belum mengetahui penyebab kristal kalsium pirofosfat dapat terbentuk di tulang rawan dan cairan sinoval.

Meski begitu, para peneliti memperkirakan bahwa kristal-kristal itu terbentuk semakin banyak seiring bertambahnya usia.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (15/11/2021), Arthritis Foundation menemukan bahwa hampir setengah dari jumlah kasus pseudogout terjadi pada orang berusia di atas 85 tahun.

Pseudogout juga diyakini disebabkan oleh kondisi genetik karena tak sedikit pasien pengidap penyakit tersebut karena faktor keturunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.