Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Olahraga yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Kompas.com - 20/11/2021, 17:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Kolesterol tinggi bisa jadi penyebab berbagai penyakit serius. Oleh sebab itu, manusia perlu menjaga kestabilan kolesterol dalam tubuhnya.

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis yaitu Low-density lipoprotein (LDL) atau yang disebut sebagai kolesterol jahat dan High-density lipoprotein (HDL) atau yang dikenal dengan sebutan kolesterol baik.

Kolesterol baik atau HDL berperan penting dalam mengurangi kolesterol jahat atau LDL pada aliran darah sehingga organ tubuh dapat berfungsi secara optimal.

Sebaliknya, kadar kolesterol jahat atau LDL yang tinggi di dalam darah dapat merusak arteri sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung, penyumbatan arteri, dan stroke.

Menjalani gaya hidup sehat, termasuk rutin olahraga, adalah cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Ahli jantung dari Cleveland Clinic, dr Leslie Cho, MD mengatakan, olahraga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

“Tidak hanya itu, penting untuk menggabungkan antara olahraga dengan pola makan dan gaya hidup sehat untuk mendapatkan dampak yang besar,” kata Cho.

Baca juga: Musim Hujan, Ini 6 Olahraga yang Cocok Dilakukan di Rumah

Olahraga untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi

Rutin berolahraga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Selain olahraga, menurunkan berat badan dan menjalani diet tinggi lemak trans juga bisa membantu meningkatkan kolesterol HDL.

Menurut American Heart Association, kolesterol tinggi disebabkan oleh dua elemen gaya hidup yang berjalan beriringan, yaitu kurang olahraga dan kelebihan berat badan.

Oleh sebab itu, rutin olahraga adalah salah satu solusi terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (4/11/2021), berikut ini 4 olahraga yang paling ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga untuk Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

1. Jalan cepat atau joging

Olahraga paling ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi yang pertama adalah jalan cepat atau joging.

Mulai olahraga dengan berjalan santai di sekitar rumah, kemudian coba berjalan dengan jarak yang lebih jauh, lalu lanjutkan dengan joging lambat.

Rutin olahraga semacam ini bukan hanya dapat menurunkan kolesterol tinggi, tetapi juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com