Agar Tidak Hilang, Ini Cara Menyimpan Dokumen Penting Pribadi

Kompas.com - 20/11/2021, 06:15 WIB
Ilustrasi dokumen penting. PINTEREST.com/PINTERESTIlustrasi dokumen penting.


KOMPAS.com - Menyimpan dokumen penting tentu harus dengan benar agar tidak hilang atau terselip, namun tetap mudah ditemukan jika sedang diperlukan.

Dalam satu rumah, anggota keluarga biasanya memiliki berbagai macam dokumen pribadi yang penting, sehingga sudah seharusnya disimpan dengan sistem penyimpanan yang mudah ditemukan oleh anggota keluarga.

Berikut ini cara menyimpan dokumen penting milik pribadi melansir Kompas.com dari Real Living, Selasa (20/7/2021).

  • Simpan di buku transparan

Kamu bisa menggunakan buku transparan dimana dokumen milikmu bisa disisipkan di dalamnya.

Beri nama anggota keluarga dan kelompokkan setiap dokumen penting sesuai dengan nama pemiliknya.

Anda juga bisa melabeli buku penyimpanan untuk mengelompokkan surat-surat riwayat kesehatan, slip, kwitansi, sertipikat tanah, surat kendaraan dan lain-lain.

Baca juga: Tips Menyimpan dan Menata Dokumen Penting

Anda juga bisa menyimpan menggunakan amplop yang bisa dilabeli di bagian depan. Kembali kelompokkan surat dan dokumen penting berdasarkan nama keluarga atau fungsinya.

Namun, amplop berbahan kertas, bisa saja dimakan rayap atau serangga lainnya. Sebagai gantinya, pilihlah amplop atau map plastik sehingga tak mudah lubang, ataupun sobek karena terkena air.

  • Buat salinan dokumen

Beberapa instansi pemerintah memerlukan fotokopi dokumen resmi untuk aplikasi, jadi buatlah keluarga lebih mudah dengan menyimpan salinannya di amplop terpisah.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memindai dokumen dan mengunggahnya di penyimpanan cloud pribadi (seperti Google Drive, OneDrive, atau iCloud) atau hard drive eksternal.

Hal ini akan berguna jika Anda tidak dapat menyelamatkan dokumen karena keadaan darurat, sehingga saat mengurusnya kembali, kamu bisa melakukannya dengan lebih mudah.

  • Simpan di rak atau tas khusus

Simpan dokumen dalam satu rak atau tas, sehingga dalam keadaan darurat, kamu hanya butuh mengambil satu tas saja.

Baca juga: 3 Cara Menyimpan Dokumen Penting Secara Aman
Sebagai alternatif, Anda juga dapat memasukkan dokumen ke dalam tas darurat yang terletak di dekat pintu sehingga kamu bisa dengan mudah mengambilnya saat keluar dalam keadaan darurat.

(Sumber: Kompas.com Penulis Dian Reinis Kumampung | Editor Dian Reinis Kumampung)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.