Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Ini 6 Olahraga yang Cocok Dilakukan di Rumah

Kompas.com - 14/11/2021, 21:35 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Rutin olahraga tentunya bisa membuat tubuh menjadi sehat. Sayangnya, di saat musim hujan, aktivitas olahraga di luar ruangan menjadi tidak optimal. Padahal olahraga penting tetap dilakukan untuk membantu tubuh tetap bugar.

Kendati begitu, jangan jadikan alasan tersebut untuk tidak berolahraga. Tak melulu harus pergi keluar, ada banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah saat musim hujan berlangsung.

Terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum berlalu ini, olahraga yang dilakukan secara baik dan benar dapat meningkatkan imunitas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga: 6 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Musim Hujan

Melansir Kompas.com (15/9/2021), berikut ini adalah enam jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah:

1. Sepeda statis

Bersepeda menjadi salah satu olahraga favorit di masa pandemi Covid-19 ini.
Tentunya ketika turun hujan deras, olahraga bersepeda untuk sementara tidak bisa dikerjakan.

Sebagai pengganti, Anda bisa bersepeda di rumah dengan sepeda statis. Menggunakan sepeda statis menjadi pengganti yang cocok bagi sepeda luar ruangan.

Banyak manfaat bagi tubuh yang diperoleh dari bersepeda, pasalnya banyak otot tubuh yang ikut bergerak termasuk otot jantung.

Tak perlu terlalu bingung jika Anda tidak memiliki sepeda statis di rumah. Anda bisa memanfaatkan peralatan yang sederhana sebagai pengganti.

“Misalnya, olahraga ini bisa diganti dengan hanya menirukan gerakan bersepeda atau mengayuh sambil duduk di kursi atau pun sambil terlentang di atas kasur,” jelas Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto, Sp.KO, saat diwawancara Kompas.com, Senin (13/9/2021).

Menurut Michael, gerakan tungkai sudah cukup baik untuk mendorong peredaran darah dan mendukung kesehatan jantung.

2. Gerakan dips

Dips merupakan olahraga yang baik untuk melatih otot, terutama otot bagian lengan belakang. Olahraga ini bisa dilakukan secara sederhana di rumah.
Gerakan dips juga bermanfaat untuk mengurangi lemak yang berlebihan di bawah kulit. Michael menyampaikan, gerakan olahraga dips dapat dilakukan dengan memanfaatkan kursi di rumah.

Caranya yakni sebagai berikut:

  • Memosisikan tubuh menghadap depan
  • Kedua tangan menumpu pada dasar kursi
  • Lalu gerakan tubuh naik turun

Baca juga: 4 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Turunkan Kolesterol

Untuk mendapatkan manfaat push up yang optimal dan menerapkan gerakan yang tepat, penting untuk berkonsultasi dengan instruktur kebugaran agar lebih memahami postur variasi gerakan push up dengan tepat.PEXELS/ELINA FAIRYTAIL Untuk mendapatkan manfaat push up yang optimal dan menerapkan gerakan yang tepat, penting untuk berkonsultasi dengan instruktur kebugaran agar lebih memahami postur variasi gerakan push up dengan tepat.

3. Push up

Olahraga selanjutnya yang juga bisa dilakukan di rumah adalah push up. Seperti dips, push up merupakan jenis olahraga anaerobik.

Olahraga ini bisa melatih otot lengan bagian depan dan dada. Untuk melakukan push up, tidak selalu harus di lantai. Anda juga bisa melakukannya dengan menempelkan tangan pada dinding.

Push up yang dilakukan secara benar dapat meningkatkan metabolism dan mempertahankan otot tanpa lemak di tubuh karena membakar kalori lebih banyak selama sesi latihan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com