Di mana Uang APBN Ribuan Triliun Disimpan? Ternyata di Bank Ini

Kompas.com - 14/11/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi uang.  Apa itu spekulasi? Spekulasi adalah mengharap keuntungan dengan asumsi dari fluktuasi pasar (arti spekulasi). Dok. HaloMoney.co.idIlustrasi uang. Apa itu spekulasi? Spekulasi adalah mengharap keuntungan dengan asumsi dari fluktuasi pasar (arti spekulasi).

KOMPAS.com - Pernahkah Anda penasaran, di mana pemerintah Indonesia menyimpan uang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)?

Indonesia memiliki APBN tahun 2021 sebesar Rp 2.750 triliun.

Sumber terbesar APBN adalah pajak, selain itu pemerintah mendapat uang dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dividen BUMN, utang, penjualan aset dan hibah.

Lantas, di mana uang APBN ribuan triliun tersebut disimpan pemerintah?

Semua dana yang masuk ke dalam kas negara ternyata disimpan di rekening bank atas nama negara, sebelum kemudian dipakai untuk membiayai berbagai keperluan pemerintah.

Mulai dari gaji ASN, program pembagunan, pembayaran utang plus bunga, dan lain sebagainya,

Di bank mana semua uang negara disimpan?

Penyimpanan uang APBN sebagai kas negara pemerintah Indonesia sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Uang Negara.

Dalam PP tersebut disebutkan bahwa kas negara adalah tempat pemerintah menyimpan uangnya untuk menampung semua penerimaan negara dan membayar seluruh pengeluaran.

Baca juga: Penasaran di Bank Mana Pemerintah RI Simpan Duit APBN Ribuan Triliun?

Kas negara ini kemudian disimpan dalam rekening yang disebut dengan rekening kas umum negara (RKUN), di mana semua lalu lintas uang masuk dan uang keluar, diatur dan dikelola oleh Menteri Keuangan sebagai bendahara umum negara.

Disebutkan dalam Pasal 14 PP Nomor 39 Tahun 2007, kas negara disimpan dalam rekening di bank sentral, dalam hal ini Bank Indonesia (BI).

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.