6 Mitos tentang Kolesterol yang Ternyata Keliru

Kompas.com - 13/11/2021, 16:15 WIB
Bahaya kolesterol tinggi lainnya adalah memicu tekanan darah tinggi. PEXELS/THIRDMANBahaya kolesterol tinggi lainnya adalah memicu tekanan darah tinggi.

KOMPAS.com - Kolesterol tinggi sering disebut sebagai penyebab banyak penyakit pada tubuh, di antaranya stroke dan serangan jantung.

Hal itu terjadi saat kolesterol bersama lemak dan kalsium menumpuk di plak di dinding arteri, yang mempersempit pembuluh darah hingga menyebabkan komplikasi penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa peningkatan kadar kolesterol berkontribusi pada 2,6 juta kematian setiap tahunnya.

Kendati begitu, kolesterol tak melulu berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Hal ini yang kemudian banyak dipercaya oleh orang-orang, bahwa semua kolesterol adalah jahat.

Baca juga: 6 Mitos Kolesterol, Jangan Dipercaya

Dilansir Kompas.com dari Medical News Today, para ahli menyebut ada beberapa mitos tentang kolesterol yang masih banyak dipercaya masyarakat, padahal hal tersebut keliru.

Berikut adalah mitos tentang kolesterol yang masih banyak dipercaya, namun ternyata salah.

1. Semua kolesterol jahat

Kolesterol itu tidak jahat. Ini adalah pandangan awam yang disalahgunakan dalam gaya hidup modern kita saat ini”.

Begitu komentar ahli jantung di MemorialCare Heart & Vascular Institute di Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, Dr Robert Greenfield, menanggapi mitos kolesterol yang banyak beredar di masyarakat.

Kolesterol sendiri merupakan komponen yang penting dari membran sel. Ia juga berperan penting dalam produksi hormon steroid, vitamin D, serta asam empedu.

Tidak benar semua kolesterol jahat karena kolesterol terbagi menjadi dua yakni
Kolesterol LDL atau Low-density lipoprotein dan kolesterol High-density lipoprotein (HDL).

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.