Cegah DBD di Lingkungan Rumah Saat Musim Hujan, Ini Caranya

Kompas.com - 13/11/2021, 12:15 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Memasuki musim hujan tahun ini, masyarakat diminta untuk melakukan pencegahan ancaman berbagai penyakit, salah satunya Demam Berdarah Dengue (DBD).

Seperti diketahui, DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Terdapat dua jenis nyamuk sebagai perantara penularan virus dengue terhadap tubuh manusia hingga menjadi penyakit DBD yakni Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Kedua nyamuk ini dipercaya sebagai vektor atau perantara untuk menularkan virus dengue, penyebab penyakit DBD ini.

Nah, pada saat awal dan akhir musim hujan, para ahli menilai nyamuk memang lebih aktif dan lebih banyak berkembang biak dalam masa itu, termasuk menyebabkan DBD dan cikungunya.

Sebab, saat awal musim hujan, pada umumnya intensitas curah hujan tidak terlalu besar, sehingga cukup untuk membasahi permukaan benda-benda di tanah dan membuat genangan di berbagai benda tersebut.

Genangan yang tidak segera dibersihkan dan dalam keadaan kotor sangat mungkin sekali menjadi sarang, tempat bertelur dan berkembang biak nyamuk-nyamuk, terutama jenis Aedes Aegypti ini menjadi lebih banyak bermunculan.

Berikut ada beberapa cara yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan untuk bisa dilakukan, guna mencegah ancaman penyakit demam berdarah.

Baca juga: Cara Cegah Penyakit Khas Musim Hujan, dari DBD hingga Alergi Dingin

Menguras tempat penampungan air

Seperti diketahui, jentik atau bayi nyamuk berkembang-biak di air yang tergenang.

Maka, berbagai wadah atau tempat-tempat penampungan air yang tidak terpakai, atau bahkan terbengkalai, serta dipenuhi sampah sangat berisiko menjadi tempat kembang biak nyamuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.