Tips Mendeteksi dan Mencegah Gagal Jantung Bagi Anak Muda

Kompas.com - 07/11/2021, 12:34 WIB
Ilustrasi gagal jantung di usia muda, gejala gagal jantung di usia muda, penyebab gagal jantung di usia muda Shutterstock/PhotoroyaltyIlustrasi gagal jantung di usia muda, gejala gagal jantung di usia muda, penyebab gagal jantung di usia muda

KOMPAS.com - Kabar meninggalnya pesinetron muda Hanna Kirana (23) pada Selasa (2/11/2021) malam karena gagal jantung, memberi pelajaran sekaligus peringatan bagi anak muda.

Gagal jantung adalah kondisi ketika otot jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh sebagaimana mestinya atau seperti kondisi normal.

Maka sejatinya, gagal jantung dapat dialami siapa saja tanpa mengenal usia, termasuk anak muda.

Kondisi gagal jantung biasanya terjadi karena jantung menjadi terlalu lemah atau kaku.

Jantung memiliki ukuran sebesar 2 kepalan tangan, berdetak sebanyak 100.000 kali per menit dan 35.000.000 kali dalam setahun.

Setiap menitnya, jantung bisa memompa darah 5-6 liter, dan memompa darah 7.500 liter per hari.

Dilansir NHS, kendati gagal jantung berarti jantung terlalu lemah atau kaku, tapi bukan berarti jantung tidak bekerja.

Baca juga: 4 Tahap Gagal Jantung yang Perlu Diperhatikan

Penyebab gagal jantung pada anak muda

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr Habibie Arifianto, Sp.JP., M.Kes., FIHA, menjelaskan, siapa pun dapat mengalami gagal jantung.

Pada dasarnya, mereka yang memiliki riwayat jantung sebelumnya bisa berujung ke gagal jantung. Baik itu penyakit jantung koroner, penyakit jantung bawaan, penyakit jantung reumatik, atau bahkan pasien yang memiliki faktor risiko seperti hipertensi dan diabetes.

"Pada dasarnya, semua usia bisa mengalami gagal jantung, termasuk orang muda," kata Habibie kepada Kompas.com, Rabu (3/11/2021).

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.