Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berkendara Aman di Tol Saat Hujan Deras

Kompas.com - 06/11/2021, 16:15 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Berkendara di tol saat hujan deras memang cukup berbahaya. Selain jalan yang licin dan terpaan angin kencang, kebanyakan orang pun memacu kendaraannya cukup cepat saat berkendara di jalan tol.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (11/4/2021), Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan, ada banyak faktor yang mengakibatkan kecelakaan di jalan tol, terutama saat hujan.

"Mengemudi di jalan tol terutama pada saat hujan, ada banyak faktor yang bisa saja mengakibatkan kecelakaan, jarak pandang yang terbatas, kondisi jalan yang licin, dan masih banyak lagi," kata Jusri.

Ada beberapa cara antisipasi untuk menguragi risiko kecelakaan saat mengemudi di jalan tol dalam kondisi hujan deras.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi kecepatan kendaran.

Baca juga: Tips Mudah dan Sederhana Usir Nyamuk Saat Musim Hujan Tiba

"Yang harus dilakukan antara lain mengurangi kecepatan, karena pada saat kondisi hujan, jalan akan menjadi licin. Daya cengkram ban terhadap jalan pada saat kondisi hujan juga akan berkurang," ujar Jusri.

Jusri menambahkan, pengendara perlu mengecek kondisi ban saat akan memulai perjalanan, baik tekanan angin, tingkat keausan, hingga tanggal kadaluwarsa ban.

Selain itu, menurut Jusri, pengemudi harus menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya (safe following distance), karena visibilitas pengemudi menurun akibat hujan.

Hal itu juga berpengaruh bagi jarak aman pengereman yang dapat dilakukan oleh pengemudi.

"Saat kondisi hujan, jarak pandang pengemudi semakin sedikit. Jarak pengereman aman juga harus diperhatikan. Dalam kondisi hujan sistem pengereman juga ada kemungkinan terganggu oleh berbagai faktor," ucap Jusri.

Dalam kondisi hujan deras, pengereman yang dilakukan memerlukan waktu yang agak lama. Selain karena respons pengemudi berkurang akibat jarak pandang yang menurun, tetapi juga karena traksi ban yang berkurang.

Baca juga: Daftar Daerah yang Berpotensi Dilanda Hujan Lebat dan Angin Kencang

Jusri pun mengimbau kepada para pengendara agar menghindari genangan air saat mengemudi di tol dalam kondisi hujan deras.

Genangan air harus dihindari karena berpotensi mengganggu keseimbangan kendaraan. Selain itu, menerobos genangan akan membuat air masuk ke bagian mesin dan berpotensi mengakibatkan kerusakan pada kendaraan.

(Penulis: Arif Nugrahadi | Editor: Azwar Ferdian)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com