Digaji Rp 15 Juta, HH Cuma Kerja Teruskan SMS Teror Pinjol Ilegal hingga Debiturnya Bunuh Diri

Kompas.com - 24/10/2021, 08:10 WIB
Ilustrasi pinjaman online, perempuan rentang terjerat pinjol. Shutterstock/MelimeyIlustrasi pinjaman online, perempuan rentang terjerat pinjol.
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Seorang ibu rumah tangga berinisial WPS asal Desa Selomarto, Giriwoyo, Wonogiri, Jawa Tengah, bunuh diri pada Sabtu (12/10/2021) siang.

Ia bunuh diri akibat diteror penagih setelah korban meminjam uang Rp 51 juta dari 25 aplikasi pinjaman online.

Salah satu pinjol ilegal yang meneror WPS adalah Fulus Mujur. Para pegawai hingga pemiliknya diringkus Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri di 5 wilayah di sekitar Jakarta.

Polisi mengamankan 7 orang termasuk JS, pemilik pinjol yang diduga warga China. Aparat juga meringkus Ketua KSP Solusi Andalan Bersama, yakni MDS dan rekannya, SR.

Cara tagih pinjol

Salah seorang karyawan pinjl AY (29) menjelaskan cara teror pinjol terhadap debiturnya hingga salah seorang di antaranya bunuh diri.

Dengan digaji Rp 5 juta per bulan, AY hanya bertugas meneruskan SMS teror kepada peminjam uang. Ia pun bekerja dari rumah.

Baca juga: Cerita Karyawan Pinjol Peneror Ibu di Wonogiri hingga Bunuh Diri, Ogah Resign, Digaji hinga Rp 15 Juta Per Bulan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun AY mengaku tidak diberi akses untuk melihat isi pesan itu. Ia hanya ditugasi untuk meneruskan SMS tersebut ke peminjam.

Namun demikian, AY mengaku lama kelamaan sudah menyadari bahwa ia bekerja di pinjol ilegal. Namun karena butuh uang, ia tetap bekerja di perusahaan tersebut.

"Kan masih butuh uang, belum dapat kerjaan. Saya sekolah gak sampe lulus. SMP keluar," kata AY di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Tugas serupa dilakukan HH, pegawai pinjol ilegal lainnya. Ia mengaku baru 9 bulan bekerja di pinjol ilegal dan bertugas meneruskan SMS teror ke peminjam. Pesan tersebut dikirimkan dari server perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.