Rahasia Penyebab Turunnya Kasus Covid-19 di Indonesia

Kompas.com - 24/10/2021, 07:57 WIB
Ilustrasi Covid-19 Ilustrasi Covid-19

KOMPAS.com - Epidemiolog menganalisis faktor penyebab di balik turunnya kasus positif Covid-19 di Indonesia semenjak puncak lonjakan kasus yang terjadi pada gelombang kedua penularan virus corona bulan Juli-Agustus lalu.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito membeberkan data penurunan kasus positif telah berlangsung selama 13 pekan berturut-turut.

"Kasus positif telah mengalami penurunan selama 13 minggu berturut-turut sejak lonjakan kedua. Lalu kasus positif mingguan per 17 Oktober 2021 sejumlah 6.826 kasus," kata Wiku, seperti diberitakn Kompas.com, Jumat (22/10/2021).

Jumlah kasus positif saat ini menurun drastis dibandingkan jumlah kasus saat lonjakan kedua yaitu 350.273 kasus.

"Sementara itu, positivity rate juga turun drastis mencapai 0,56 persen setelah sempat mencapai 26,76 persen pada puncak kedua," ujar Wiku.

Menurut epidemiolog Dicky Budiman, penurunan kasus Covid-19 tersebut disebabkan beberapa faktor.

Apa saja rahasia di balik keberhasilan positivity rate itu?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Khawatir Pemalsuan, Epidemiolog Minta Tes PCR Penumpang Pesawat Diawasi Ketat

Faktor penyebab turunnya kasus Covid-19 di Indonesia

Epidemiolog dari Griffith University Australia tersebut mengatakan, peningkatan dan penurunan kasus Covid-19 selalu bersifat multi-faktor atau tidak ada faktor tunggal.

"Kecuali ketika kenaikan atau penurunan itu drastis, ekstrem. Berarti ada faktor yang dominan, seperti misalnya kenaikan ketika (varian) Delta hadir di banyak negara," kata Dicky, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/10/2021).

Menurut Dicky, penurunan kasus positif Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini belum tergolong drastis, tetapi memang ada faktor dominan yang mendorong terjadinya penurunan.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.