Insentif Nakes Ditransfer Dobel, Kemenkes Minta Maaf dan Minta Kembalikan

Kompas.com - 24/10/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi Nakes KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi Nakes

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan adanya sejumlah tenaga kesehatan (nakes) yang mendapatkan transfer insentif dobel atau lebih.

Sekretaris Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kemenkes Trisa Wahjuni Putri mengatakan, kelebihan pembayaran insentif kepada nakes ini diketahui setelah adanya temuan insentif dobel yang dikirim.

Transfer insentif dobel ini dikirim lebih dari satu kali dalam satu bulan.

Kemenkes minta maaf

Trisa mengatasnamakan Kemenkes pun meminta maaf atas kejadian transfer dobel insentif nakes tersebut, dan mengantisipasi agar kejadi ini tidak terulang kembali.

"Kami mohon maaf karena dalam mekanisme pembayaran insentif nakes itu ada teknis yang perlu ketelitian. Mungkin ada persoalan pada saat penarikan data di aplikasinya," ujar Trisa dalam konferensi pers secara daring pada Sabtu (23/10/2021).

Baca juga: Minta Maaf, Kemenkes Jelaskan Penyebab Transfer Dobel Insentif Nakes

Oleh karenanya, Kemenkes akan melakukan perbaikan pada sistem pembayaran insentif. Tujuannya agar double transfer tidak kembali terjadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami akan antisipasi untuk perbaikannya supaya tak terjadi lagi," tegas Trisa.

Lebih lanjut, Trisa mengatakan, para nakes tidak perlu khawatir terkait hal tersebut karena proses pembayaran insentif akan terus diproses sesuai ketentuan yang ditetapkan.

"Para nakes tidak perlu khawatir bahwa hak insentif nakes tetap akan diproses dan dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang ada saat ini regulasinya adalah KMK 2439 tahun 2021 ya," ucap dia.

Kemenkes minta ditransfer kembali

Selain itu, Kemenkes meminta kepada para nakes yang menerima double transfer insentif untuk mengembalikan kelebihannya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.