Ketika Polisi Tindak Motor Berpelat "Aku Masih Sayang Kamu"

Kompas.com - 23/10/2021, 10:29 WIB
Pulung (31), warga Desa Gembor, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang viral karena nekat menggunakan plat nomor kendaraan tak sesuai aturan. Dokumentasi Polres SerangPulung (31), warga Desa Gembor, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang viral karena nekat menggunakan plat nomor kendaraan tak sesuai aturan.
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Aparat Polres Serang menindak pengendara motor dengan pelat palsu bertulisakan "Aku Mash Sayang Kamu".

Perstiwa itu viral setelah fotonya diunggah di media sosial.

Akun Instagram @satlantaspolresserang adalah yang pertama kali mengunggah pelat nomor polisi lucu itu. Menurut kepolisian, pelat nomor tentu saja tidak sesuai dengan aturan penggunaan TNKB yang berlaku.

Kepala Satlantas Polres Serang AKP Tiwi Afrina membenarkan bahwa anggotanya telah menindak pengendara motor berinisial P yang menggunakan pelat nomor "Aku masih sayang kamu" tersebut.

Baca juga: Pakai Pelat Nomor Modifikasi, Pahami Lagi Aturannya

 

Penindakan dilakukan pada Kamis (21/10/2021) pukul 07.30 WIB di Jalan Raya Serang-Jakarta, tepatnya di Tambak, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Anggota Satlantas Polres Serang sedang melaksanakan pengaturan lalu lintas pagi, kemudian melintas sebuah motor dengan menggunakan pelat nomor cantik 'Aku Masih Sayang Kamu'," kata Tiwi dilansir Kompas.com, Jumat (22/10/2021).

Setelah diberhentikan dan dilakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat-surat kendaraan, petugas langsung memberlakukan tilang terhadap pengendara yang menggunakan pelat nomor unik tersebut.

"Karena tidak sesuai peraturan yang berlaku, kemudian motor tersebut dilakukan penindakan berupa tilang dan kemudian diamankan di pos tambak," ujar Tiwi.

Padahal dalam Peraturan Kapolri Nomor 5 tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor pasal 39 sudah dijelaskan mengenai aturan pemasangan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Tepatnya pada pasal 39 disebutkan, TNKB yang tidak dikeluarkan oleh Korlantas Polri, dinyatakan tidak sah dan tidak berlaku.

Penggunaan pelat nomor dengan bentuk tidak sesuai standar itu dianggap tidak memenuhi persyaratan teknis.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Bikin Pelat Nomor Cantik, Mulai Rp 5 Juta

 

Sedangkan untuk pelanggar aturan tersebut akan diberikan sanki sesuai UU LLAJ Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 280. Pelanggar dapat diancam dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000. (Sumber: Kompas.com/ Penulis: Arif Nugrahadi | Editor: Agung Kurniawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.