Profil Sukmawati Soekarnoputri, Anak Keempat Bung Karno

Kompas.com - 23/10/2021, 10:25 WIB
Sukmawati Soekarnoputri, putri Presiden pertama RI, Soekarno saat menghadiri diskusi bertajuk Tantangan Merawat Kebangsaan Indonesia di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2016). KOMPAS.com/Nabilla TashandraSukmawati Soekarnoputri, putri Presiden pertama RI, Soekarno saat menghadiri diskusi bertajuk Tantangan Merawat Kebangsaan Indonesia di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2016).

KOMPAS.com - Nama Sukmawati Soekarnoputri sudah dikenal masyarakat sebagai anak dari Presiden RI pertama, Ir Soekarno.

Kendati dikenal sebagai anak seorang presiden, Sukmawati memiliki bakat dalam bidang politik serta ketertarikannya dengan dunia seni.

Melansir Kompas.com, Senin (26/3/2018), Sukmawati pernah mengkritisi perhatian pemerintah terhadap seni musik yang masih minim.

Kala itu, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri ini mengomentari belum adanya museum musik yang dapat menghimpun jenis musik yang ada di Indonesia.

"Kurang ada kepedulian dari SDM-nya. Dari petingginya, gubernur, wali kota. Harus ada dari pemerintah daerah yang betul-betul perhatiannya baik pada seni," kata Sukmawati saat mengunjungi Museum Musik Indonesia (MMI) di Kota Malang, Senin (26/3/2018).

Menurut dia, MMI belum mencerminkan sebuah museum. Bagi Sukmawati, museum harus memiliki koleksi lengkap dan menggambarkan semua yang ada pada masa lalu, termasuk gamelan yang merupakan alat musik tradisional.

Putri Presiden pertama RI itu lantas membandingkannya dengan museum film yang ada di Shanghai, China. Menurut dia, museum itu sangat luas dan memiliki koleksi lengkap tentang dunia perfilman di negara tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Diduga Menista Agama, Total Lima Laporan Dilayangkan untuk Sukmawati...

Namun, berdasarkan pemberitaan Kompas.com, Selasa (3/4/2018), Sukmawati juga pernah beberapa kali menuai kontroversi, salah satuny adalah dilaporkan Sukmawati ke Polda Metro Jaya atas tuduhan penistaan agama.

Hal ini menanggapi puisi yang dibacakan Sukmawati di JCC Senayan ketika acara peringatan 29 tahun Anne Avantie berkarya.

Sukmawati akhirnya meminta maaf atas kontroversi tersebut dan mengaku tidak berniat menghina umat Islam di Indonesia.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.