Cara Memunculkan Hasil Tes PCR dan Antigen di Aplikasi PeduliLindungi

Kompas.com - 23/10/2021, 10:15 WIB
Pengunjung memindai kode batang (QR Code) melalui aplikasi PeduliLindungi di Pintu Gerbang Utama Timur, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa (14/9/2021). Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu dari 20 destinasi wisata yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai lokasi uji coba tahap awal penerapan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk tempat wisata di masa PPKM. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww. ANTARAFOTO/Aprillio AkbarPengunjung memindai kode batang (QR Code) melalui aplikasi PeduliLindungi di Pintu Gerbang Utama Timur, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa (14/9/2021). Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu dari 20 destinasi wisata yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai lokasi uji coba tahap awal penerapan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk tempat wisata di masa PPKM. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

KOMPAS.com - Aplikasi PeduliLindungi telah menjadi syarat bagi masyarakat yang hendak melakukan aktivitas di ruang publik.

Aplikasi PeduliLindungi memang memiliki banyak fungsi, terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini. Salah satu fungsinya adalah menyimpan riwayat vaksinasi pemiliknya.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (17/10/2021), pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan terus mengembangkan dan memperluas penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi PeduliLindungi juga disebut dapat menunjukkan hasil PCR maupun antigen, sehingga pengguna bisa langsung menunjukkannya saat hendak beraktivitas di ruang publik.

Lantas, bagaimana cara memunculkan hasil tes PCR atau antigen di aplikasi PeduliLindungi?

Baca juga: Arti Warna Barcode Hitam, Hijau, Kuning, dan merah di Aplikasi Peduli Lindungi

Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Setiaji menjelaskan cara agar hasil swab antigen dan PCR muncul di aplikasi PeduliLindungi.

Hasil swab antigen atau PCR dapat muncul di aplikasi PeduliLindungi jika pemeriksaan dilakukan di laboratorium yang sudah mendapatkan izin Dinas Kesehatan (Dinkes) di setiap wilayah.

Selain itu, petugas di laboratorium tersebut juga harus menginput hasil uji laboratorium ke aplikasi NAR (New All Record) Kemenkes.

“(Petugas) Laboratorium input di aplikasi NAR Kemkes, kemudian akan muncul di PeduliLindungi,” kata Setiaji.

Mengapa hasil tes swab antigen dan PCR terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi?

Alasan yang membuat hasil swab antigen dan PCR muncul di aplikasi PeduliLindungi adalah agar menjamin keaslian bukti hasil tes dan menghindari pemalsuan surat hasil uji laboratorium.

Baca juga: Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 di Peduli Lindungi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.