Cara Aktifkan Verifikasi 2 Langkah pada WhatsApp untuk Cegah Peretasan

Kompas.com - 23/10/2021, 08:50 WIB
ilustrasi aplikasi WhatsApp businessinsider.comilustrasi aplikasi WhatsApp

KOMPAS.com - Kasus peretasan akun WhatsApp masih cukup sering terjadi dengan modus operandi yang bervariasi. Untuk itu, perlu kewaspadaan dan pengamanan ekstra agar kasus peretasan akun WhatsApp tidak terjadi pada Anda.

Sebagai salah satu aplikasi pesan terpopuler di dunia, WhatsApp memiliki fitur pengamanan yang bisa digunakan untuk mengamankan akun penggunanya dari serangan peretas. Cara mengaktifkannya juga sangat mudah.

Fitur yang dimaksud adalah verifikasi dua langkah atau “two-step verification”. Semua pengguna WhatsApp bisa mengaktifkan pengamanan ini pada akunnya.

Baca juga: Marak WA Kena Hack, Ini 3 Langkah agar Akun WhatsApp Kebal Peretasan

Mengaktifkan verifikasi 2 langkah di WhastApp

Berikut adalah cara untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah di akun WhatsApp:

  1. Masuk ke menu pengaturan atau settings di akun WhatsApp. Caranya yakni dengan menekan tanda tiga titik vertikal di bagian pojok kanan atas halaman muka WhatsApp.
  2. Pilih Akun dan kemudian pilih “two-step verification” atau verifikasi 2 langkah.
  3. Selanjutnya Anda diminta untuk memasukkan enam digit PIN. Sebaiknya jangan gunakan PIN dengan angka yang rentan diketahui orang lain seperti tanggal lahir pribadi.
  4. Tahap berikutnya Anda akan diminta untuk mengisi alamat e-mail aktif. Untuk yang satu ini merupakan langkah opsional dan bisa dilewati jika Anda tidak menginginkannya.

Kendati begitu, tetap disarankan untuk mengisi alamat e-mail Anda. Dan perlu diingat, sebisa mungkin alamat e-mail yang Anda gunakan adalah e-mail yang sudah terproteksi dengan baik.

Fungsi alamat e-mail tersebut sangat penting karena akan digunakan sebagai sarana untuk reset PIN jika pengguna lupa pin yang digunakan untuk verifikasi 2 langkah ini. Setelah e-mail diisi dan dikonfirmasi, maka akun Anda sudah terproteksi dengan sistem verifikasi 2 langkah.

Keenam digit PIN yang sudah Anda masukkan tadi akan diminta ketika Anda mencoba membuka akun WhatsApp Anda di perangkat ponsel lain. Jadi, ketika ada yang mencoba menggunakan nomor WhatsApp Anda di ponsel lain, akan dimintai enam digit PIN yang hanya diketahui oleh Anda.

Baca juga: Deretan Ponsel ini Tak Bisa Lagi Gunakan WhatsApp Mulai November 2021, Apa Penyebabnya?

Jika suatu saat Anda lupa berapa PIN yang Anda gunakan, tidak perlu khawatir karena ada opsi masuk menggunakan alamat e-mail yang sebelumnya sudah ada daftarkan.

Sebagai langkah pengamanan ekstra, agar Anda tetap teringat dengan PIN Anda, WhatsApp akan meminta Anda untuk memasukkan PIN Anda secara berkala.

Namun, apabila Anda lupa dengan PIN Anda dan sebelumnya tidak memberikan e-mail, Anda tidak akan diizinkan untuk memverifikasi ulang WhatsApp dalam waktu tujuh hari sejak penggunaan terakhir.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.