Pandemi Saat yang Tepat untuk Beli Rumah, Beragam Promo KPR hingga Bebas PPN

Kompas.com - 17/10/2021, 18:14 WIB
Ilustrasi perumahan. Dok. Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).Ilustrasi perumahan.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 melanda Indonesia saat ini dinilai momen tepat bagi masyarakat untuk membeli properti hunian rumah.

Hal ini karena pemerintah dan perbankan secara aktif memberikan insentif hingga promo, sehingga meringankan tanggungan masyarakat yang ingin memiliki rumah baru.

Direktur Pemasaran Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) Tambok Setyawati mengatakan, rendahnya bunga kredit pemilikan rumah (KPR) perbankan menjadi salah satu keringanan yang akan diterima masyarakat apabila membeli rumah pada saat ini.

"Hari ini bunga rendah, semua perbankan. Zaman saya bunga untuk KPR rata-rata 11-12 persen. Hari ini, single digit. Single digitnya juga bukan mendekati 8-9 persen, enggak, di bawah itu. Jadi momentumnya pas sekali," tutur Tambok dalam sebuah diskusi virtual mengutip Kompas.com, Minggu (17/10/2021).

Selain itu, sejumlah perbankan menyediakan ragam promo untuk mendongkrak tingkat KPR. Salah satu bentuk promo yang ditawarkan beberapa bank ialah program libur bayar angsuran untuk beberapa waktu.

Baca juga: Ada Bebas PPN hingga Ragam Promo KPR, Saat ini Jadi Momen Tepat Untuk Beli Rumah

"Jadi angsurannya nanti dulu. Sekarang cukup bayar bunga," kata Tambok. Pada saat bersamaan, untuk meringankan biaya kepemilikan rumah, pemerintah masih menerapkan insentif berupa Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) atas properti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan adanya fasilitas tersebut, pemerintah menanggung 100 persen PPN untuk properti baru siap huni, hingga Desember 2021. "Jadi menurut saya jangan sampai kesempatan yang baik ini lewat begitu saja," ujar dia.

Perumnas menawarkan berbagai program uang muka atau down payment (DP) dan cicilan ringan untuk memfasilitasi masyarakat, khususnya generasi muda, memiki rumah.

"Mulai DP yang sangat ringan, bunganya bersaing, dan bisa jangka panjang, sehingga sangat terjangkau, di bawah Rp 5 juta angsurannya. Bahkan nanti kita punya yang angsurannya mulai Rp 800.000-an, jadi enggak perlu khawatir," ucapnya.

(Sumber: Kompas.com Penulis Rully R. Ramli | Editor Ambaranie Nadia Kemala Movanita)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.