Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Penuaan adalah Penyakit yang Bisa Disembuhkan?

Kompas.com - 17/10/2021, 15:03 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Setiap bertambahnya usia, proses penuaan akan semakin muncul dan tidak bisa dihindari.

Semua orang pasti menjadi tua, namun bagi ilmuwan Harvard University, penuaan adalah penyakit yang bisa disembuhkan.

Penelitian mengenai penuaan tersebut sudah dilakukan selama lebih dari dua dekade, ahli genetika yang bertanggung jawab atas laboratorium di Harvard University, David Sinclair menemukan bahwa penundaan penuaan dapat dilakukan dengan beberapa kebiasaan sederhana, sehingga kita bisa memiliki hidup yang lebih panjang dan sehat.

Mengutip Kompas.com dari BBC Indonesia, Sabtu (16/10/2021), Sinclair meyakini bahwa penundaan penuaan akan segera bisa dilakukan dengan obat-obatan, yang saat ini masih dalam tahap pengujian.

Ia juga mengatakan, kita mungkin akan dapat benar-benar dapat membalikan proses penuaan dan terus tampak muda.

Studi yang dilakukan Sinclair, awalnya adalah untuk menyelidiki mengapa kita bisa menua. Karyanya ini pun telah memberikannya berbagai penghargaan ilmiah.

Dalam buku yang ditulisnya, Lifespan (Why we age - and why we don't have to) yang menjelaskan mengapa kita menua dan bagaimana menghindarinya, mengulas pendapatnya bahwa penuaan dapat dihindari.

Sinclair meyakini bahwa untuk menghindari penuaan, kita harus mengubah secara radikal pola pikir tentang menua.

Baca juga: Ilmuwan Harvard Sebut Penuaan Itu Penyakit yang Bisa Disembuhkan, Kok Bisa?

Alih-alih menganggapnya sebagai proses yang umum dan alami, kita harus menganggapnya sebagai penyakit dan sebagai sesuatu yang bisa diobati atau bahkan penuaan bisa disembuhkan.

Lantas, apa penyebab penuaan?

Para ilmuwan telah mengidentifikasi semblan penyebab utama penuaan. Dalam penelitian yang dilakukannya selama 15 tahun, Sinclair menemukan bukti bahwa penyebab penuaan adalah zaman dan melibatkan hilangnya informasi.

Salah satu penyebab penuaan yang melibatkan hilangnya informasi adalah informasi 'digital', kode genetik, dan informasi yang lainnya adalah analog, epigenom, sistem dalam sel yang mengontrol gen mana yang dihidupkan dan dimatikan.

Sistem sel yang menghidupkan dan mematikan 20.000 gen sel yang memberi informasi sel siapa itu, yang memberikan identitas, dan memberitahunya bagaimana seharusnya berfungsi.

Kendati demikian seiring waktu, epigenom mulai kehilangan informasi, diibaratkan seperti CD (compact disk) yang tergores, dan sel akan kehilangan kemampuan untuk mengaktifkan gen yang benar pada waktu yang tepat, yang kemudian mereka akan kehilangan fungsinya.

Persepsi inilah yang membuat Sinclair menyimpulkan alasan mengapa kita menua. Sinclair menyebut bahwa manusia tidak perlu menua.

Dia menjelaskan bahwa tidak ada hukum biologi yang mengatakan kita harus menua. Namun, proses penuaan yang dialami manusia, di dalam laboratorium dapat dibalikkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com