Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capai 36 Derajat Celsius, Ini Penyebab Suhu di Indonesia Terasa Panas

Kompas.com - 17/10/2021, 08:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini di media sosial, banyak orang mengeluhkan suhu yang terasa panas di sejumlah wilayah di Indonesia.

Tak hanya di siang hari, banyak netizen mengaku merasa kegerahan saat malam hari.

Lantas, mengapa suhu di Indonesia terasa panas?

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (14/10/2021), Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin mengatakan, suhu panas dirasakan di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Secara umum, terjadi juga di wilayah Jawa-Nusa Tenggara,” kata Miming.

Miming mengungkapkan, cuaca cerah dengan sedikit awan yang membuat suhu terasa panas terutama pada siang hari berpotensi masih berlangsung selama pekan ini.

Miming menambahkan, berdasarkan pengamatan BMKG, suhu maksimum di beberapa wilayah di Indonesia belakangan ini mencapai 34-36 derajat celcius.

Baca juga: BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem 10 Hari ke Depan karena Peralihan Musim

Berdasarkan pemantauan tersebut, salah satu wilayah di Indonesia yang tercatat sempat mengalami suhu tertinggi adalah Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Pada Selasa, 12 Oktober 2021, suhu di wilayah Kertajati mencapai kisaran 36,4 derajat celsius.

Miming menjelaskan, suhu panas yang dirasakan saat ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari posisi matahari hingga kondisi cuaca.

“Kondisi suhu udara yang cukup terik pada siang hari khususnya di wilayah Jabodetabek, secara umum di wilayah Jawa, disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk posisi semu matahari dan kondisi cuaca yang umumnya cerah atau kondisi perawanan yang sedikit,” ujar Miming.

Menurut Miming, saat ini posisi semu matahari berada di sekitar sebelah selatan ekuator dengan posisi lintang sekitar 7 derajat LS atau berada di sekitar lintasan wilayah Jawa-Nusa Tenggara.

Ditambah dengan kondisi cuaca yang umumnya cerah dan hanya sedikit awan terutama pagi dan siang hari, suhu pun menjadi sangat terik di sejumlah wilayah di Indonesia.

Baca juga: BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem Masuki Masa Pancaroba

Kondisi ini terutama dirasakan di sekitar selatan ekuator, termasuk wilayah Sumatera bagian selatan, Jawa, hingga Nusa Tenggara.

"Umumnya potensi suhu terik pada siang hari di periode Oktober ini, bergantung kondisi perawanan juga pada siang harinya," jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com