Besaran Gaji Pokok Polisi Mulai dari Tamtama hingga Jenderal

Kompas.com - 17/10/2021, 06:00 WIB
Ilustrasi Polisi KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi Polisi

KOMPAS.com - Menjadi polisi masih menjadi impian banyak orang di Indonesia. Alasannya pun beragam, mulai dari wujud pengabdian kepada masyarakat dan negara, mengejar prestise, atau agar hidupnya terjamin.

Anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memiliki pendapatan terjamin dari gaji tetap setiap bulan dan kenaikan pangkat rutin.

Oleh sebab itu, setiap tahun selalu ada ribuan pemuda yang mendaftar untuk menjadi anggota polisi.

Lantas, berapa gaji polisi selain tunjangan, mulai dari pangkat tamtama jenderal polisi?

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (15/6/2020), gaji pokok anggota polisi di luar tunjangan sebenarnya hampir sama dengan pegawai negeri sipil (PNS) yang terbagi menjadi empat golongan.

Gaji polisi diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Keduabelas atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca juga: Ini Gaji TNI AD dari Tamtama hingga Jenderal dan Tunjangan per Bulan

Selain gaji pokok, polisi menerima berbagai macam tunjangan yang besarannya bervariasi, bergantung pangkat, jabatan, serta daerah penempatan (tunjangan polisi).

Beberapa tunjangan yang diterima anggota Polri antara lain tunjangan kinerja, tunjangan keluarga, tunjangan lauk-pauk, tunjangan jabatan, tunjangan khusus daerah Papua, dan tunjangan daerah perbatasan.

Berikut ini besaran gaji polisi mulai dari tamtama hingga perwira tinggi (belum termasuk tunjangan):

1. Golongan I (Tamtama)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.