Media Korea Utara Sebut Squid Game adalah Gambaran Kehidupan di Korea Selatan yang Menderita

Kompas.com - 16/10/2021, 20:10 WIB
Squid Game banyak dibandingkan Hunger Game dan Battle Royals. NETFLIX via ABC INDONESIASquid Game banyak dibandingkan Hunger Game dan Battle Royals.

KOMPAS.com - Topik seputar Squid Game masih belum habis dibicarakan. Serial asal Korea Selatan itu memang tengah mencapai popularitas tertinggi di dunia.

Terbaru, negara tetangga Korea Selatan, yakni Korea Utara, ikut mengomentari popularitas Squid Game.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Kamis (13/10/2021), situs propaganda Korea Utara, Arirang Meari, dalam unggahannya menyajikan kritik tentang Squid Game..

Isinya menggambarkan bahwa Squid Game menunjukkan "masyarakat yang tidak setara di mana orang-orang yang tidak memiliki uang diperlakukan seperti bidak catur untuk orang kaya," menurut sebuah laporan dari Reuters.

Baca juga: Korea Utara Pakai Squid Game untuk Propaganda, Singgung Moral Korea Selatan

Tak hanya itu, disebutkan juga bahwa intrik dalam permainan di Squid Game disebut serupa dengan kenyataan di Korsel yang mana kemanusiaan mereka dimusnahkan karena persaingan yang ekstrem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dikatakan bahwa itu membuat orang menyadari kenyataan menyedihkan dari masyarakat Korea Selatan yang kejam di mana manusia didorong ke dalam persaingan ekstrem dan kemanusiaan mereka dimusnahkan," tulis unggahan tersebut melansir Newsweek.

Squid Game memang bercerita tentang ratusan orang yang mengikuti sebuah survival game yang berhadiah 45,6 miliar won (sekitar Rp 544 miliar).

Seluruh peserta dalam permainan ini digambarkan memiliki latar belakang masalah yang sama, yakni kemiskinan dan ketidakadilan dalam kehidupannya. Mulai dari pengangguran, terlilit hutang, hingga korban pelecehan seksual.

Baca juga: Terlalu Populer, Squid Game Jadi Bahan Propaganda Korea Utara

Dalam kontestasi Squid Game, para peserta harus mempertaruhkan hidupnya di setiap tahapan-tahapan permainan.

Dalam prosesnya, sebagian besar kontestan tewas mengenaskan karena kalah dalam permainan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.