Mengapa Banyak Ular di Sekitar Pemukiman Saat Musim Hujan?

Kompas.com - 16/10/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi ular. Ilustrasi ular.

KOMPAS.com - Saat musim hujan, tak sedikit masyarakat yang mengeluh menemukan ular di sekitar rumahnya.

Jenis ular yang biasanya berkeliaran di sekitar permukiman saat musim hujan adalah ular kobra jawa.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (17/11/2020), ahli herpetologi (reptil dan amfibi) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy mengatakan, fenomena kemunculan ular di sekitar permukiman memang sering terjadi saat musim hujan.

"Memang, ini (musim hujan) juga musimnya telur-telur ular menetas. Bahkan, sebenarnya tidak hanya ular kobra, tetapi juga jenis ular lainnya," ujar Amir.

Amir menambahkan, populasi ular kobra meningkat saat musim hujan karena berbarengan dengan waktu menetas telur-telur ular kobra.

Ular kobra memang banyak ditemukan di sekitar persawahan, perkebunan, dan perumahan, khususnya permukiman yang dibangun di atas atau di dekat habitat ular kobra.

Baca juga: Tidak Perlu Panik, Ini yang Harus Dilakukan jika Ada Ular Masuk Rumah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat induk ular kobra jawa menemukan tempat yang aman di sekitar kawasan tersebut, maka ia akan meletakkan telur-telurnya.

"Hanya saja, induk ular periode inkubasinya sekitar 3 bulanan. Itu artinya, telur-telur tersebut kemungkinan sudah diletakkan sekitar tiga bulan lalu, kemudian di musim hujan ini mulai menetas," ungkap Amir.

Setelah telur-telur itu menetas, anakan ular kobra jawa tentu akan menyebar di sekitar permukiman dan berada dekat dengan manusia.

"Insting anakan ular kobra ini pasti akan mencari tempat yang terlindungi. Fenomena ini sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu," kata Amir.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.