Kisah Layla Moustaffa, Wali Kota Perempuan yang Bangun Raqqa setelah Hancur oleh ISIS

Kompas.com - 16/10/2021, 10:28 WIB
Wali Kota Raqqa Layla Moustaffa BBC IndonesiaWali Kota Raqqa Layla Moustaffa
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Layla Moustaffa, wali kota perempuan di Suriah baru saja meraih penghargaan internasional, Mayor of the World atas perjuangannya membangun kembali Raqqa yang porak-poranda akibat perang oleh ISIS.

Selain itu, ia juga membantu para perempuan di daerahnya membangun kembali Kota Raqqa yang merupakan tempat kelahiran wali kota ini.

Moustaffa merupakan perempuan Kurdi berusia 34 tahun. Ia dilahirkan di Raqqa, wilayah timur Laut Suriah.

Ketika Raqqa dibebaskan oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF), koalisi yang didukung AS, pada 17 Oktober 2017 setelah sekian lama diduduki ISIS, sarjana bidang teknik sipil ini menjadi kepala Dewan Sipil Raqqa.

Dewan Kota merupakan salah satu dari beberapa badan regional yang dibentuk SDF setelah pembebasan.

Baca juga: 4 Tahun Setelah Perang di Raqqa, Anak-anak Tinggal di Tengah Kehancuran Kota

Di bawah kepemimpinannya, Moustaffa mampu mengorganisir ribuan pria dan perempuan untuk bekerja berdampingan membangun kembali kota yang hancur akibat perang.

Perjuangan perempuan ini akhirnya mendapat pengakuan internasional atas tekad dan usahanya yang tak kenal lelah dalam membangun kembali Kota Raqqa.

Ketika itu, pada 2014 Raqqa nyaris hancur total di bawah kendali ISIS, dan ratusan ribu orang melarikan diri.

Ranjau-ranjau yang ditanam masih ada di banyak jalan dan ribuan anggota sel tidur menunggu untuk merebut setiap kesempatan yang mungkin terjadi.

Moustaffa telah memperjuangkan hak-hak perempuan di kota kelahirannya, sehingga dia melihat ironi atas penghargaan ini - karena ISIS, yang merebut kota itu, terkenal karena menindas kaum perempuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.