Cara Mudah Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

Kompas.com - 16/10/2021, 09:10 WIB
Ilustrasi nyamuk sedang mengisap darah manusia Dok. ShutterstockIlustrasi nyamuk sedang mengisap darah manusia

KOMPAS.com - Nyamuk termasuk jenis hewan yang sering dijumpai dalam kehidupan kita. Meski ukurannya kecil, gigitan nyamuk bisa menyebabkan penyakit bagi manusia, mulai dari yang ringan seperti gatal-gatal hingga yang berat seperti demam berdarah.

Karena itu, saat ini banyak metode yang digunakan untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk. Misalnya menggunakan semprotan pembasmi nyamuk atau obat nyamuk bakar.

Meski cukup efektif, bagi sebagian orang menghindari cara-cara ini karena tidak nyaman atau bahkan alergi dengan bahan-bahan kimia yang terdapat obat anti nyamuk tersebut.

Jika Anda termasuk kategori yang demikian, tak perlu khawatir, karena mengusir nyamuk bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Baca juga: 7 Cara Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

Cara mengusir nyamuk dengan bahan alami

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara mengusir nyamuk dengan bahan alami:

  • Menggunakan tanaman lavender

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan tanaman lavender. Tanaman dengan bunga yang berwarna ungu ini sudah sejak lama diketahui dapat digunakan untuk mengusir nyamuk.

Nyamuk tidak menyukai aroma yang ditimbulkan bunga lavender. Karena itu, Anda bisa menanam tanaman yang satu ini di area rumah untuk mencegah nyamuk-nyamuk berdatangan.

Cara lainnya untuk mencegah gigitan nyamuk, Anda bisa mengoleskan bunga lavender ke tubuh. Caranya yakni cukup ambil beberapa bunga lavender, lalu menumbuknya.

Setelah itu, oleskan bunga lavender ke bagian kulit yang rentan terkena gigitan nyamuk seperti tangan dan kaki.

Lavender adalah salah satu jenis tanaman pengusir nyamuk yang paling dikenal dan baunya tidak disukai nyamuk.
UNSPLASH/ROCKNWOOL Lavender adalah salah satu jenis tanaman pengusir nyamuk yang paling dikenal dan baunya tidak disukai nyamuk.

  • Minyak kayu putih

Minyak kayu putih biasa digunakan untuk menghangatkan tubuh. Namun selain itu, minyak kayu putih juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.