Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan Dapur Ini Bisa Digunakan Untuk Bersihkan Noda pada Pakaian

Kompas.com - 16/10/2021, 07:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Noda pada pakaian kerap menjadi masalah yang mengesalkan. Biasanya, cara yang paling sering digunakan untuk menghilangkan noda di pakaian adalah dengan deterjen.

Namun ternyata untuk membersihkan noda pada pakaian, bukan hanya dengan deterjen saja tapi juga bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur.

Bahan-bahan ini sangat mudah ditemui dan murah, sehingga bisa menjadi pelengkap dalam mencuci pakaian sehari-hari.

Apa saja? Seperti diberitakan Kompas.com yang melansir Reader’s Digest (24/7/2021), berikut ini adalah bahan di dapur yang bisa digunakan untuk membersihkan noda pada pakaian:

Baca juga: 5 Bahan di Dapur yang Ampuh Bersihkan Noda pada Pakaian

1. Garam

Bahan dapur pertama yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda pakaian adalah garam. Taburan garam dapat membantu menghilangkan noda darah, saus, dan lemak pada pakaian.

“Garam bukanlah pendukung sabun cuci pakaian, tetapi bisa efektif menghilangkan noda tertentu,” jelas Brandi Winch, pemilik HomeMaid Home Solutions di Kalamazoo, Michigan, AS.

Hanya saja, penggunaan garam tergantung pada jenis nodanya. Semisal dengan pakaian yang ada noda darahnya, untuk jenis pakaian itu harus direndam dengan air dingin yang dicampur garam.

Kemudian untuk pakaian yang terdapat noda minyak, caranya yakni dengan menutupi noda dengan garam, lalu biarkan menyerap minyak. Kemudian sikat terlebih dahulu sebelum dicuci.

"Garam juga umumnya disebut-sebut sebagai pengantar yang efektif untuk wewangian alami, biasanya minyak esensial, ke cucian," imbuh Winch.

2. Baking soda

Baking soda sudah umum diketahui memiliki banyak manfaat untuk menghilangkan noda atau kotoran, termasuk di pakaian.

“Soda kue adalah pembersih cucian yang alami, ekonomis, dan aman. Kami menggunakannya di setiap beban saat mencuci kain di perusahaan saya," terang Winch.

Baking soda adalah bahan abrasif yang efektif digunakan membersihkan noda minyak yang membandel.Unsplash/Howtogym Baking soda adalah bahan abrasif yang efektif digunakan membersihkan noda minyak yang membandel.

Baca juga: 5 Langkah Bersihkan Noda Kuning pada Bantal

3. Cuka

Seperti baking soda, cuka juga bisa berguna untuk menghilangkan noda pada pakaian. Untuk memanfaatkan cuka sebagai bahan membersihkan noda pakaian caranya adalah dengan menuangkan setengah cangkir ke dalam kompartemen pelembut kain tepat sebelum siklus pembilasan terakhir.

4. Air perasan lemon

Selanjutnya adalah air perasan lemon. Bahan dapur yang satu ini bisa berguna untuk menghilangkan noda karat dan mencerahkan pakaian yang berbahan katun. Keunggulan lainnya adalah pakaian bisa beraroma lemon yang segar.

Hanya saja perlu diingat, air perasan lemon hanya dapat digunakan pada pakaian berwarna putih. Anda juga dapat menghilangkan noda dengan air perasan lemon.

"Anda dapat menghilangkan noda dengan menambahkan air perasan lemon ke cucian kotor Anda," kata Marieke van der Graaf, pendiri Laundry Licious di California, AS.

Untuk hasil terbaik, Van der Graaf menyarankan untuk menghilangkan noda dengan air lemon daripada menggosok potongan buah pada pakaian.

Ilustrasi lemon sebagai salah satu produk pembersih di rumah.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi lemon sebagai salah satu produk pembersih di rumah.

Baca juga: 5 Cara Aman Menghilangkan Berbagai Jenis Noda Makanan pada Baju Anak

5. Sabun cuci piring

Terakhir adalah sabun cuci piring. Sabun cuci piring bisa menghilangkan noda minyak yang membandel pada pakaian. Untuk yang satu ini, Van der Graaf menyarankan untuk meletakkan setetes kecil sabun cuci piring biasa ke noda terlebih dahulu sebelum Anda mencucinya.

(Sumber:Kompas.com/Sakina Rakhma Diah Setiawan | Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com