Intip Daftar 5 Klub Sepak Bola dengan Pemilik Terkaya di Liga Premier

Kompas.com - 16/10/2021, 06:33 WIB
Suporter merayakan saat Newcastle United dibeli oleh PIF (Public Investment Fund), konsorsium Arab Saudi. Newcastle dibeli PIF pada Kamis (7/10/2021), di tengah isu pelanggaran HAM oleh Pangeran Mohammed bin Salman yang mengetuai badan tersebut. AP PHOTO/SCOTT HEPPELLSuporter merayakan saat Newcastle United dibeli oleh PIF (Public Investment Fund), konsorsium Arab Saudi. Newcastle dibeli PIF pada Kamis (7/10/2021), di tengah isu pelanggaran HAM oleh Pangeran Mohammed bin Salman yang mengetuai badan tersebut.

KOMPAS.com - Newcastle United menjadi klub sepak bola dengan pemilik terkaya di Liga Premier usai 80 persen saham klub diambil alih oleh Investasi Publik (PIF) Arab Saudi.

Klub berjuluk The Magpies itu menduduki peringkat teratas pemilik terkaya di Liga Premier, mengungguli Chelsea, Man City, Arsenal, dan Man United.

Penggemar Newcastle berpesta hingga larut malam pada hari Kamis (7/10/2021) setelah 14 tahun kepemilikan klub oleh Mike Ashley berakhir. Konsorsium yang didukung Saudi Arabia membeli klub seharga 305 juta poundsterling.

Kesepakatan yang diusulkan telah dibahas tahun lalu tetapi perselisihan pembajakan TV antara Qatar dan Arab Saudi adalah batu sandungan utama.

Kini masalah tersebut telah diselesaikan dan Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi dengan membeli saham mayoritas klub sebesar 80 persen. Lalu diikuti Amanda Staveley dan Reuben Brothers masing-masing memiliki 10 persen.

Selain Newscastle United, ada 4 klub sepak bola dengan pemilik terkaya lainnya di Liga Premier Negeri Elizabeth tersebut.

Baca juga: Klub Sepak Bola Tertua di Dunia

Dilansir dari The Mirror, berikut lima pemilik klub sepakbola terkaya di Liga Premier saat ini:

1. Newcastle – PIF Arab Saudi

320 miliar poundsterling Rp 6.191 triliun

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.EPA via BBC INDONESIA Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Suntikan dari Arab Saudi ini mengakhiri 14 tahun kepemilikan Mike Ashley. Putra mahkota kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman, menjadi sosok penting di balik akuisisi tersebut.

Mohammed bin Salman adalah orang terpenting kedua di Arab Saudi setelah raja dan menjabat sebagai Menteri Pertahanan negara serta wakil perdana menteri sekaligus.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.