Indonesia Menjadi Negara dengan Militer Terkuat se-ASEAN

Kompas.com - 16/10/2021, 06:30 WIB
Alat utama sistem persenjataan (alutsista) termasuk kendaraan tempur TNI berjejer untuk dipamerkan kepada masyarakat di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, (5/10/2021). Sebanyak 112 alutsista berjejer rapi di sepanjang Jalan Merdeka Barat dan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI pada 5 Oktober 2021. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGAlat utama sistem persenjataan (alutsista) termasuk kendaraan tempur TNI berjejer untuk dipamerkan kepada masyarakat di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, (5/10/2021). Sebanyak 112 alutsista berjejer rapi di sepanjang Jalan Merdeka Barat dan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI pada 5 Oktober 2021.

KOMPAS.com - Data terbaru dari situs Global Fire Power, Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan militer terkuat di Asia Tenggara atau ASEAN.

Dilansir dari CNN, berdasarkan data situs tersebut, Indonesia memiliki skor 0.2684 untuk bidang kekuatan militer.

Dengan demikian, Indonesia berada di posisi paling atas di ASEAN, mengalahkan Vietnam dan Thailand yang berada pada peringkat ke dua dan tiga.

Lantas, apa faktor Indonesia menjadi negara dengan militer terkuat se Asia Tenggara?

Perhitungan skor militer Indonesia

Skor tersebut dibuat berdasarkan akumulasi dari semua aspek kekuatan militer yang kemudian dikalkulasikan menjadi indeks skor oleh Global Fire Power.

Baca juga: Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 16 Dunia dan di Atas Israel Versi GFP, Bagaimana Riilnya?

Dilihat dari jumlah pasukan militer, Indonesia berada di posisi keempat ASEAN. Jumlah keseluruhan personel TNI mencapai 1 juta orang lebih, dan yang masih aktif sekitar 400 ribu orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Vietnam memiliki lebih banyak personel, dengan total 5,5 juta personel dan aktif 482.500 orang.

Thailand memiliki personel 701 ribu, dan yang masih aktif hanya 361 orang.

Keunggulan militer Indonesia

Berbeda di sektor alat utama sistem pertahanan (alutsista), Indonesia menduduki posisi yang beragam, tergantung dari pos-pos militer.

Pada Angkatan Udara (AU), alutsista yang dimiliki Indonesia adalah 458 pesawat, 15 jet tempur, 1 unit tank, 17 pesawat misi khusus, 41 pesawat pencegat, 188 helikopter, 64 transportasi lain dan 38 pesawat penyerang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.