Cara Membuat SKCK Online Lengkap dengan Cara Perpanjang

Kompas.com - 16/10/2021, 06:00 WIB
SKCK online ShutterstockSKCK online

KOMPAS.com - Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri.

Surat tersebut berisi keterangan dari Polri mengenai ada atau tidaknya seseorang atau pemilik SKCK dalam catatan kriminal atau tindak kejahatan.

SKCK biasanya dibutuhkan untuk memenuhi syarat melamar pekerjaan. Beberapa perusahaan memang mewajibkan pelamar untuk melampirkan SKCK ke dalam berkas lamarannya.

SKCK juga kerap dibutuhkan oleh Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Beberapa lembaga memang menyertakan SKCK dalam persyaratan yang harus dipenuhi oleh CPNS.

Cara membuat SKCK saat ini cukup mudah, sebab bisa dilakukan secara online. Meski begitu, masih banyak yang belum mengetahui cara membuat SKCK online dan cara memperpanjang SKCK online.

Baca juga: Isi Surat Brigjen Junior untuk Kapolri yang Membuat Dirinya Dicopot

SKCK hanya berlaku selama enam bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika masa berlakunya telah habis namun masih dibutuhkan, pemilik dapat memperpanjang masa berlaku SKCK miliknya.

Sebelumnya, dilansir dari laman resmi skck.polri.go.id melalui KOMPAS.com, terdapat dua cara membuat SKCK, yakni dengan datang dan daftar di loket SKCK yang tersedia di setiap kantor polisi atau melakukannya secara online.

Meski berbeda cara, namun permohonan pembuatan SKCK secara langsung maupun online tetap mewajibkan pemohon untuk menyerahkan sejumlah dokumen persyaratan serta mengisi formulir yang telah disediakan.

Syarat membuat SKCK online:

- Fotokopi KTP dengan menunjukkan KTP asli

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.